Home / Ekonomi / Headline / Top News

Minggu, 10 Januari 2021 - 20:10 WIB

Pengusaha China Jadi Orang Terkaya Keenam Di Dunia

NasionalPos.com, Jakarta– Orang terkaya di China yang baru saja dinobatkan mengalahkan kekayaan miliarder Jack Ma yaitu Zhong Shanshan tercatat telah menambahkan kekayaannya sebesar US$5,4 miliar atau setara Rp75,6 triliun (kurs Rp14 ribu per dolar AS) dalam satu hari.

Dilansir dari Forbes, Sabtu 9 Januari 2021, dijelaskan bahwa Ketua Perusahaan Air Minum Kemasan Nongfu Spring itu sekarang menjadi orang terkaya keenam di dunia, dengan kekayaan bersih mencapai US$92,1 miliar atau setara Rp1.289,4 triliun.

Diketahui, kenaikan harta kekayaan Zhong berkat kenaikan harga saham perusahaannya. Perusahaan itu terdaftar di Hong Kong dan go public September 2020 dan nilai sahamnya meningkat tiga kali lipat selama empat bulan. Saham tersebut juga naik 6,5 persen pada Selasa kemarin.

Baca Juga  PERAK Desak Jampidsus Bongkar Kembali Kasus Suap Proyek Bakamla Tahun 2016

Berdasarkan prospektus penawarannya, Zhong memiliki 84,4 persen saham perusahaan yang sangat besar, lalu ia dan kerabat istrinya memiliki 6,2 persen gabungan, dan 63 investor lainnya, terutama mantan karyawan dan konsultan, memiliki 6 persen kolektif.

Atas kenaikan saham yang dimiliki perusahaannya, Zhong menyalip Mukesh Ambani dari India menjadi orang terkaya di Asia bulan lalu. Ambani, saat ini memiliki kekayaan  sebesar US$76 miliar dan sekarang berada di peringkat ke-10 miliarder dunia.

Sementara itu, sebelum sukses menjadi Miliarder ternyata Zhong dilaporkan putus sekolah dasar selama Revolusi Kebudayaan China dan pernah bekerja sebagai pekerja konstruksi, reporter surat kabar dan agen penjualan minuman.

Baca Juga  Update Data Corona (12/1/2021) Jumlah Pasien Positif 846.765 Orang dan Meninggal 24.645 Orang

Dia kemudian mendirikan perusahaan pendahulu Nongfu di kampung halamannya di Hangzhou pada 1996. Perusahaan tersebut, yang dikenal dengan air kemasannya, juga menjual minuman kemasan lainnya seperti teh dan jus.

Zhong juga memiliki saham pengendali di Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise, yang memproduksi alat tes untuk penyakit menular, termasuk COVID-19. Perusahaannya go public di Shanghai Stock Exchange pada April 2020, sahamnya telah meningkat 2.500 persen sejak IPO.

Sebagai orang terkaya keenam di dunia, Zhong kini hanya berada di belakang Jeff Bezos dari Amazon, Elon Musk dari Tesla, Bernard Arnault dari LVMH, Bill Gates dari Microsoft, dan Mark Zuckerberg dari Facebook.

Dia berada di depan raksasa Amerika lainnya termasuk Larry Ellison dari Oracle, Warren Buffett dari Berkshire Hathaway, dan Larry Page dari Google. (VIVA)

Share :

Baca Juga

BPN

Headline

Sofyan Djalil Mengaku Ada Pegawai BPN Yang Jadi Mafia Tanah
peta corona

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Rabu (19/8/2020)
Menpora Imam

Nasional

Aspri Menpora Diperiksa KPK
aau

Headline

AAU Gelar Latihan Dasar Kepemimpinan
peta corona

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Kamis (6/8/2020)
peta corona

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Rabu (3/6/2020)
Jokowi kartu 2

Ekonomi

Tarif Yang Dinaikkan Pemerintah Tahun 2021
ilyas abdullah ketua PP dki jakarta edit

Headline

MPW Pemuda Pancasila DKI Jakarta, Terkait Insiden di Mampang Prapatan, Stop Pemberitaan Di duga Diskreditkan Organisasi