Home / Politik / Uncategorized

Jumat, 24 Agustus 2018 - 19:50 WIB

Pernah Dipecat Golkar, Kini Agus Menggantikan Idrus Sebagai Mensos

Nasionalpos.com, Jakarta – Agus Gumiwang Kartasasmita telah resmi menggantikan Idrus Marham sebagai Menteri Sosial setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Putra mantan Menteri Koordinator Ekonomi Keuangan dan Industri Indonesia Ginandjar Kartasasmita di era pemerintahan Soeharto ini sebelumnya merupakan anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar. Ia terpilih dari daerah pemilihan Jawa Barat II

Di DPP Golkar, Agus menjabat Koordinator Bidang Perempuan, Pemuda, dan Inovasi Sosial. Ia juga sempat menjabat Sekretaris Fraksi Partai Golkar di DPR.

Agus tercatat pernah dipecat sebagai kader Golkar oleh Ketum Golkar Aburizal Bakrie karena mendukung Jokowi-Jusuf Kalla saat Pilpres 2014. Dua kader Golkar lain yang juga dipecat adalah Nusron Wahid dan Poempida Hidayatullah.

Baca Juga  Diultimatum Gerakan 221, Yasonna Minta Maaf kepada Warga Tanjung Priok

Mereka dipecat kartena dianggap membangkang. Pasalnya, Golkar memutuskan mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Karena itu, peserta Musyawarah Nasional IX Partai Golkar di Bali pada Desember 2014, kemudian memutuskan memecat Agus Gumiwang dan Nusron Wahid dari keanggotaan Partai Golkar.

Apalagi, Agus dan Nusron langsung mengadukan masalah pemecatannya ke pengadilan, dan tidak melalui mahkamah partai terlebih dulu. Namun, belakangan dalam Munas Luar Biasa Golkar di Bali, Mei 2016, keduanya direhabilitasi atau dipulihkan nama baiknya.

Politisi kelahiran Jakarta 3 Januari 1969 itu memulai kariernya sebagai anggota MPR perwakilan dari unsur pengusaha dari Gapensi pada tahun 1997-1999.  Selanjutnya, Agus terpilih sebagai anggota DPR pada periode 2004-2009, 2009-2014, dan 2014-2019.

Baca Juga  Golkar Usung Airlangga, PPP Dorong Suharso di Pilpres 2024

Nama Agus sempat masuk bursa calon pengganti Setya Novanto (Setnov) yang lengser dari kursi Ketua DPR karena tersandung kasus korupsi e-KTP, Saat itu, Agus diajukan sebagai Ketua DPR oleh Fraksi Golkar kubu Agung Laksono.

Sementara, kubu Aburizal Bakrie mengajukan Ade Komaruddin sebagai Ketua DPR yang akhirnya terpilih menggantikan Setnov.

Menjelang Pilpres 2019 ini, nama Agus tercantum sebagai bendahara tim kampanye pasangan bakal capres dan cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin. []

Share :

Baca Juga

Politik

Puluhan Bakal calon Kepala Daerah Ikut Gugat KPU

Nasional

Ketua DPR RI: Model Penanganan Konflik di FSAB dapat diterapkan untuk mencegah dan mengatasi konflik pada Pemilu 2019

Megapolitan

Masyarakat Apresiasi KPU Jakpus Gelar Sosialisasi Bernuansa Betawi

Headline

Golkar dan PDIP Dukung Proporsional Tertutup Pemilu, Gerindra Belum Bersikap

Headline

Ujian Taskap Pasis Susjemenstra TNI AL Angkatan Ke-16 TA 2021

Headline

Anggota DPR, M. Fauzi Beri Materi Dalam LK-I HMI Komisariat FH Unkris

Headline

Pemilih Tinggalkan Prabowo dan Beralih ke Sandi

Headline

Junimart Dituntut Permintaan Maaf Karena Minta Bubarkan PP