Home / Ekonomi / Headline / Top News

Minggu, 14 November 2021 - 23:28 WIB

Polisi Jelskan Kronologi Kebakaran Tangki Minyak Pertamina Cilacap

NasionalPos.com, Jakarta – Mabes Polri menjelaskan kronologi kebakaran tangki minyak milik PT Pertamina di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kebakaran berawal saat hujan lebat.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Ahmad Ramadhan  menjelaskan kejadiannya pada hari Sabtu, 13 November 2021 pada pukul 19.10, diawali dengan terjadinya cuaca hujan lebat dan disertai petir.

Kemudian, sekitar 10 menit setelahnya atau pada pukul 19.20, tangki 36 T-102 tiba-tiba terbakar dan menimbulkan api yang cukup tinggi menjulang.

“Kemudian pada pukul 20.00, proses penanganan oleh petugas internal Pertamina dengan teknik pendinginan,” kata Ramadhan kepada wartawan Minggu (14/11/2021).

Baca Juga  Ini Aturan PPKM Darurat Level 4 Berlaku 26 Juli Hingga 2 Agustus 2021

Proses pendinginan itu, lanjutnya, dilakukan dengan cara mengosongkan isi tangki yang berisi bahan bakar jenis Premium tersebut.

“Kemudian di hari Minggu 14 November, pukul 07.50 dengan cuaca yang masih hujan gerimis, kobaran api dinyatakan padam,” jelas Ramadhan.

Pada peristiwa itu, kata Ramadhan, tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, hanya saja kerugian materiil berupa tangki 36 T-102 yang rusak terbakar.

“Kami sampaikan bahwa untuk kerugian korban jiwa tidak ada dan kerugian materiil adalah tangki 36 T-102 yang terbakar,” jelasnya.

Baca Juga  Menkeu Larang Transaksi Menggunakan Uang Virtual

Saat ini upaya yang tengah dilakukan pihaknya bekerjasama dengan TNI melakukan pengamanan di sekitar lokasi kilang minyak yang terbakar.

“Upaya-upaya yang dilakukan dengan melakukan sterilisasi lokasi, dan arus lalu lintas depan TKP, melibatkan anggota polri baik Polres Cilacap, Polda Jateng, dan juga rekan rekan TNI,” kata Ramadhan.

Terkait peristiwa tersebut, polisi telah memeriksa lima orang saksi. “Telah dilakukan pemeriksaan klarifikasi terhadap 5 orang saksi diantaranya saksi dari BMKG, dan empat saksi eksternal pertamina yang berada di lokasi kejadian,” kata Ramadhan. (*)

 

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

Headline

Diduga Konsumsi Narkoba, Kapolsek Astanaanyar, Bandung Dicopot

Headline

Update Data Corona (4/11/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 421.731 Orang dan Meninggal 14.259 Orang

Nasional

Media Asing Heboh, Jokowi Impor Gas

Headline

PPM Beranjangsana ke KASAL Pembina Teritorial

Headline

Pemerintah dan Muhammadiyah Sama Tetapkan 1 Syawal Jatuh Pada Minggu, 24 Mei 2024

Headline

Yosef Tjahjadjaja Buronan Bank Mandiri Dibekuk

Ekonomi

BI Prediksi Ekspor Nasional Akan Anjlok Hingga Minus 5,6 Persen

Headline

Australia Ungkap Bahan Baku Kapal Abal-Abal Asal China