Home / Headline / Internasional / Politik

Sabtu, 17 September 2022 - 19:37 WIB

Putin Didesak Biden Untuk Bebaskan Dua Warga AS

NasionalPos.com, Jakarta– Di peroleh informasi dilansir dari Reuters yang menyebutkan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menerima keluarga pebasket Brittney Griner dan Paul Whelan. Kedua keluarga dari pebasket tersebut meminta Biden untuk membebaskan Griner dan Whelan dari penjara Rusia.Adapun pertemuan itu digelar terpisah. Biden menerima saudara perempuan Whelan, yakni Elizabeth Whelan, lalu istri Griner, yakni Cherelle Griner. Gedung Putih pun mengeluarkan pernyataan yang menyebut Biden menghargai kegelisahan dari kedua keluarga. Namun, tidak merinci strategi yang akan dilakukan Biden, untuk membebaskan dua orang tersebut dari penjara Rusia.

Sebelumnya, Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengatakan bahwa diskusi masih berlangsung dengan Rusia. “Presiden (Biden) tidak akan menyerah. Dia yakin bahwa ini akan tetap menjadi yang terdepan di pikirannya,” jelasnya. Pada Agustus lalu, Moskow siap untuk membahas pertukaran tahanan untuk Griner. Kabar itu memicu harapan akan resolusi yang cepat. Kirby menekankan bahwa pemerintahan Biden telah membuat apa yang disebutnya proposal serius.

Baca Juga  Jokowi Diingatkan Ancaman Kemiskinan Bertambah Akibat Inflasi Tinggi

“Tetapi, mereka (Rusia) tidak menanggapi tawaran kami. Dua orang ini seharusnya sudah ada di rumah,” kata Kirby.

Griner ditangkap di bandara wilayah Moskow pada Februari, tak lama sebelum invasi Rusia ke Ukraina. Dia ditangkap karena membawa minyak ganja. Pemain basket berusia 31 tahun itu pergi ke Rusia setelah bergabung dengan Yekaterinburg.

Baca Juga  PM Australia Ragukan Indonesia Bebas Virus Corona

Sementara itu, mantan anggota marinir AS, Whelan, ditangkap pada Desember 2018 dan dituduh oleh lembaga keamanan Rusia sebagai mata-mata. Whelan ditahan saat mengunjungi Moskow untuk menghadiri pernikahan dan mengambil USB drive dari seorang kenalannya.  Dia tidak melihat isi dari drive tersebut, namun pengacaranya mengatakan bahwa itu berisi rahasia Rusia. Mantan pejabat keamanan di sebuah perusahaan tersebut dijatuhi hukuman 16 tahun penjara.(*Red/Reuters)

 

Share :

Baca Juga

jenazah corona

Headline

Update Data Corona (30/8/2021) Jumlah Pasien Positif 4.079.267 Orang dan Meninggal 132.491 Orang
6b62d10a e366 4ad6 b954 a1cd9613d56a

Headline

Satpol Air Polres Tanjungbalai Gagalkan Penyeludupan Narkotika Internasional
Edhy Prabowo bersama Prabowo Subianto

Headline

KPK Ciduk Menteri KKP, Istri Serta Sejumlah Politisi Gerindra
Jhoni Allen Marbun

Headline

Dipecat dari Demokrat, Jhoni Allen Bakal di PAW Sebagai Anggota DPR
IMG 20190318 WA0053 320x215

Megapolitan

Aspam Kasal: Prajurit TNI AL Tetap Teguh Pada Komitmen Netralitas
SBY 2

Politik

SBY Resmi Laporkan Antasari ke Bareskrim
kpk1

Headline

Dewas Beri Izin KPK Melakukan 264 Penyadapan
tersangka korupsi

Headline

KPK Ungkap Alasan Jejerkan Tersangka Saat Pengumuman Perkara