Home / Headline / Hukum / Nasional / Top News

Senin, 20 Januari 2020 - 19:59 WIB

Romahurmuziy Divonis Dua Tahun Penjara

Romi dan Khofifah

Romi dan Khofifah

Nasionalpos.com, Jakarta – Terdakwa akibat kasus suap beli jabatan di Kementerian Agama yang merupakan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy atau Romi divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

“Menjatuhkan pidana dengan pidana penjara selama 2 tahun dan denda Rp100 juta subsider 3 bulan,” kata Hakim Ketua Fahzal Hendri saat membacakan putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (20/1/2020).

Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum. Dalam sidang sebelumnya, yakni pada agenda pembacaan tuntutan, jaksa Wawan Yunarwanto menuntut Romi 4 tahun penjara dan denda Rp250 juta subsider lima bulan kurungan.

Baca Juga  Menyambut hari Bhayangkara ke 74,Polres Tanjungbalai lakukan Kegiatan bhakti sosial

Jaksa juga menuntut pidana tambahan berupa pembayaran uang sebesar Rp46,4 juta.Selain itu, Jaksa juga menuntut pencabutan hak politik Romi selama 5 tahun usai menjalani pidana pokok.

Majelis hakim menyatakan Romi divonis bersalah karena telah menerima suap dari mantan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Haris Hasanudin dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik M. Muafaq Wirahadi.

Menurut Hakim, Romi terbukti menerima suap Rp325 juta dari Haris Hasanudin dan Rp91,4 juta dari Muafaq Wirahadi.

Baca Juga  Ini Daftar Paslon Vs Kotak Kosong di Pilkada Serentak 2018

Bertolak dari putusan Majelis Hakim tersebut, maka Romi menyisakan masa penjara selama 13 bulan. Sebab, Hakim Fahzal mengatakan, pidana penjara selama dua tahun, mengharuskan pemotongan masa tahanan.

“Menetapkan masa penahanan yang sudah dijalani oleh terdakwa (Romi) dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan,” terang Hakim Fahzal.

Diketahui Romi mendekam dalam tahanan KPK sejak Maret 2019. Artinya, pidana pokok Romi, menyisakan waktu 1 tahun 2 bulan. Romi terjaring  operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada 15 Maret 2019. Saat itu, Romi diciduk KPK bersama 5 orang lainnya di wilayah Jawa Timur. (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Mantan Pengacara Joko Tjandra Ditahan Bareskrim Terkait Surat Jalan Palsu

Headline

Update Data Corona (13/10/2021) Jumlah Pasien Positif 4.231.046 Orang dan Meninggal 142.811 Orang

Headline

Rapid Test Milik Istana Diragukan Akurasinya

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Sabtu (30/5/2020)

Ekonomi

Gratiskan Tiket MRT/LRT, Memberatkan Beban APBD DKI Jakarta

Headline

Koarmada l Gelar Donor Darah Peringati Hari Armada RI

Ekonomi

Sebanyak 325 TKA China Masuk ke Pulau Bintan

Headline

Jokowi Dorong PBB Jaga Kemajemukan dan Toleransi