Home / Top News

Sabtu, 4 Februari 2017 - 18:38 WIB

Sikap Tak Sopan kepada KH. Ma’ruf Amin Gerus Elektabilitas Ahok

Ahok

Ahok

JAKARTA, NasionalPos – Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Ali Munhanif sikap Ahok yang bersikap kasar terhadap Ketua MUI, KH Ma’rauf Amin di persidangan lanjutan kasus penistaan agama berpotensi menggerus suara yang akan diperolehnya di Pilgub DKI Jakarta. Itu karena sikapnya tersebut benar-benar tidak menghormat budaya masyarakat Indonesia yang biasanya menghormati ulama.

“Perlakuan Ahok di pengadilan kemarin saya kira electoral damage-nya (kerusakan suara pemilih) sangat tinggi sekali,” kata Ali saat dihubungi Republika.co,id, Sabtu (4/2/2017).

Ali melanjutkan, memang belum ada survei yang menyatakan Ahok mengalami penurunan elektabilitas setelah perlakuan kasarnya di sidang tersebut. Namun, Ali meyakini, tim sukses Ahok sudah menyadari adanya penggerusan suara yang akan diperoleh Ahok di Pilgub DKI Jakarta dan berpotensi menurunkan elektabilitasnya.

Baca Juga  Australia Ungkap Upaya Penyusupan Intelijen China

“Belum ada survei pascaperistiwa itu, tapi secara internal mereka menyadari bahwa telah terjadi penggerusan suara bagi Ahok. Cuma pindahnya ke mana apakah ke Anies atau ke Agus kurang jelas. Tapi saya kira secara internal timses sudah menyadari penurunan elektoral pasa kejadian itu,” terang Ali.

Ali mengungkapkan, tim pemenangan dan para pendukung Ahok harus bisa mengatasi permasalahan tersebut, jika ingin dia terus melenggang dalam kontestasi Pilgub DKI. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan kedekatannya dengan tokoh NU seperti Nusron Wahid.

Baca Juga  Wagub DKI, Ariza Tepis Prediksi Biden Soal Jakarta Akan Tenggelam

“Tingkat kerusakan elektoral yang menimpa Ahok ini lah yang saya kira harus diupayakan oleh para pendukung Ahok. Kedekatan dia dengan tokoh-tokoh NU seperti Nusron Wahid dan sebagainya harus mencoba mengatasi ini. Kalau tidak berhasil, maka efeknya akan panjang dan itu secara elektoral akan buruk,” ucap Ali. (rid)

Share :

Baca Juga

Top News

Mendagri Tunggu Sikap Resmi KPK Yang “Gantung” Status Zumi

Headline

Soal Mudik, PKS Minta Pemerintah Tak Buat Bingung Masyarakat

Headline

Update Data Corona (11/1/2021) Jumlah Pasien Positif 836.718 Orang dan Meninggal 24.343 Orang

Nasional

Johannes Kotjo Divonis 2 Tahun 8 Bulan Penjara Terkait Kasus Suap PLTU Riau -1

Headline

Update Data Corona (15/8/2021) Jumlah Pasien Positif 3.854.354 Orang dan Meninggal 117.588 Orang

Headline

Update Corona (10/5/2020) Jumlah Pasien Positif 14.032 Orang Dan Meninggal Menjadi 973 Orang

Headline

Kapolda Metro Klaim Warga Tak Pernah Dilarang Jualan Selama PPKM Darurat

Top News

Kabareskrim Minta KPK Tak Usah Usut Kasus ‘Receh”