Home / Hukum

Selasa, 22 Februari 2022 - 20:29 WIB

Terdakwa Kasus Pembunuhan Laskar FPI Dituntut 6 Tahun Penjara

NasionalPos.com, Jakarta – Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut dua terdakwa kasus dugaan pembunuhan empat anggota Laskar FPI dalam tragedi KM 50, Ipda M. Yusmin Ohorella dan Briptu Fikri Ramadhan , 6 tahun penjara.

JPU menyatakan hal ini sesuai dengan dakwaan primer yakni dinilai melanggar Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan secara sengaja juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

“Menuntut majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang memeriksa perkara ini memutuskan menyatakan terdakwa Fikri Ramadhan dengan ini terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana merampas nyawa orang secara bersama-sama,” kata Jaksa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (22/2/2022).

Baca Juga  Australia Ungkap Bahan Baku Kapal Abal-Abal Asal China

“Menjatuhkan pidana terhadap Fikri Ramadhan dengan pidana penjara selama 6 tahun dengan perintah agar terdakwa ditahan,” lanjut Jaksa.

Selanjutnya, Jaksa membacakan tuntutan kepada Yusmim juga dihukum 6 tahun penjara. Jaksa juga meminta agar Yusmin segera ditahan.

“Menjatuhkan pidana terhadap Yusmin Ramadhan dengan pidana penjara selama 6 tahun dengan perintah agar terdakwa ditahan,” kata Jaksa.

Sebelumnya, enam anggota FPI terlibat dalam aksi kejar-kejaran dan baku tembak dengan anggota kepolisian dari Polda Metro Jaya. Peristiwa itu terjadi di depan Hotel Novotel, Jalan Interchange, Karawang, Jawa Barat hingga kawasan KM 50 Tol Jakarta-Cikampek.

Baca Juga  JPU KPK Ajukan Kasasi ke MK Terkait Kasus Romi

Jaksa menyebut anggota Laskar FPI ditembak dari jarak dekat dan mematikan oleh tiga anggota Polda Metro Jaya yakni, Ipda Elwira Priadi Z, Briptu Fikri Ramadhan, dan Ipda Mohammad Yusmin.

JPU lantas mendakwa dua anggota Polda Metro Jaya Briptu Fikri Ramadhan dan Ipda Mohammad Yusmin melanggar pasal 338 KUHP tentang pembunuhan secara sengaja juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Selain itu, mereka juga didakwa Pasal 351 ayat 3 juncto Pasal 55 KUHP tentang penganiayaan yang mengakibatkan kematian. Sementara, Elwira dinyatakan meninggal dalam kecelakaan yang terjadi pada Januari 2022.  (*)

Share :

Baca Juga

pistol

Headline

Jasad 6 Laskar FPI Belum Diketahui Keberadaannya
KPK tetapkan Azis sebagai tersangka suap

Headline

Jadi Tersangka Suap, Azis Terancam Penjara Lima Tahun
korupsi

Headline

Menangkan Perusahaan Diduga Terlibat Korupsi, JPM Desak KPK Selidiki Kemen PUPR
Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat

Headline

Terdakwa kasus Jiwasraya Heru Divonis Penjara Seumur Hidup
Arya Sinulingga

Headline

Belasan Polda Terima Laporan Dugaan Pencemaran Nama Baik Oleh Stafsus MenBUMN
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw

Headline

Kapolda Papua : Hoax Warga Intan Jaya Eksodus
Rijal Kobar

Headline

KOBAR Desak Habib Rizieq dan Syahganda Dibebaskan, Aparat Jangan ‘Main Api’
buzzer

Headline

Terungkap, Sejak 2014 Pemerintah Gelontorkan Rp90,45 Miliar Untuk Influencer