Home / Headline / Nasional / Politik / Top News

Kamis, 3 Oktober 2019 - 22:41 WIB

Terpilih Aklamasi, Bamsoet Ketua MPR RI Periode 2019 – 2024

Nasionalpos.com, Jakarta – Politikus senior Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet( akhirnya terpilih sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024 dalam rapat paripurna, Kamis (3/10/2019) malam.

Bamsoet terpilih secara aklamasi setelah didukung secara bulat oleh sembilan fraksi di MPR RI dan kelompok DPD RI di MPR RI. Termasuk Gerindra.

“Kami Gerindra sudah sepakat usung Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2019-2024,” kata Ketua Fraksi Gerindra di MPR Riza Patria dalam Rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (3/10/2019).

Baca Juga  Mahasiswa Muhammadiyah Makassar Demo Anggap Jokowi – Maruf Gagal Total

Meskipun sejak sejak awal Gerindra mengusulkan agar Ahmad Muzani menjadi Ketua MPR. Namun, demi kepentingan yang lebih besar, persatuan, dan kesatuan maka Gerindra mengedepankan musyawarah mufakat.

Riza menyatakan keputusan itu juga berdasarkan hasil konsultasi antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Mendengar pernyataan Riza, pimpinan sidang sementara Abdul Wahab Dalimunthe kemudian menanyakan kepada seluruh anggota MPR tentang kesepakatan untuk memilih Bamsoet.

“Dengan persetujuan Gerindra yang terakhir, secara musyawarah mufakat dan aklamasi saudara Bambang Soesatyo terpilih sebagai ketua MPR. Setuju?,” tanya Abdul Wahab.

Baca Juga  Jokowi Sahkan Perkawinan Penghayat Kepercayaan

“Setuju,” jawab anggota.

Bamsoet yang menjabat Ketua MPR, didampingi sembilan wakil ketua MPR, yakni Ahmad Basarah dari Fraksi PDIP, Ahmad Muzani dari Gerindra, Lestari Moerdijat dari Nasdem, Jazilul Fawaid dari PKB. Lalu, Syarief Hasan dari Demokrat, Hidayat Nur Wahid dari PKS, Zulkifli Hasan dari PAN, Arsul Sani dari PPP dan Fadel Muhammad dari Kelompok DPD.

Selanjutnya, seluruh pimpinan MPR dilantik diawali oleh pembacaan Surat Keputusan oleh Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono terkait pimpinan MPR masa jabatan 2019-2024.

Setelah itu, seluruh pimpinan MPR RI diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung RI Hatta Ali. (()

Share :

Baca Juga

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Rabu (9/9/2020)

Headline

Sejumlah Ormas Deklarasi AP-KAMI Dukung Gerakan Moral Din Syamsuddin Cs

Headline

Update Data Corona (17/9/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 232.628 Orang dan Meninggal 9.222 Orang

Headline

Indonesia Protes Australia Atas Aksi Pengibaran Bendera OPM di KJRI Melbourne

Ekonomi

Bertemu Nelayan di Sukabumi, Menko Luhut Janjikan Perbaikan Dermaga dan Pelatihan Budidaya Lobster

Ekonomi

Ini 9 Langkah Jokowi Atasi Perlambatan Ekonomi

Headline

Tersangka Juliari Diperiksa Untuk Tersagka Lain Dalam Kasus Bansos Covid-19

Top News

Kejari Jak-Bar, Di duga Gantung Kasus Dugaan Korupsi Alat Fitnes !!!