Home / Top News

Kamis, 14 Maret 2019 - 12:34 WIB

Tersangka Pemerasan Rekanan PDAM Surabaya Segera Diadili

Nasionalpos.com,Surabaya – Gara-gara melakukan intimidsasi, mantan seorang pejabat BUMD Pemkot Surabaya, RTU alias G; segera dihadapkan ke meja hijau. Tersangka berikut barang-buktinya sebelumnya telah diserahkan tim penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Agung kepada tim Jaksa penuntut umum di Kejaksaan Negeri Surabaya, Rabu (13/3/2019).

Kapuspenkum Kejaksaan Agung Mukri di Jakarta mengatakan penyerahan tersangka mantan Manager Pemeliharaan Jaringan Distribusi PDAM Kota Surabaya dilakukan setelah berkas perkaranya dinyatakan lengkap baik secara formil maupun materil.

“Selanjutnya tersangka RTU tetap ditahan selama 20 hari dan dititipkan sementara di Rutan cabang Rutan Kelas IA Surabaya pada Kejati Jawa Timur,” tutur Mukri.

Mantan pejabat Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya, tersebut, tersangka kasus dugaan pemerasan terhadap salah satu pihak rekanan sebesar Rp1 miliar, segera diadili di Pengadilan Tipikor Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga  Langgar Kode Etik, Dua Komisioner KPU Dicopot

Menurut Mukri untuk menyidangkan kasus pemerasan yang dilakukan tersangka di Pengadilan Tipikor Surabaya, Kejari Surabaya telah menunjuk sembilan orang jaksa.
RTU dalam kasus ini disangka melanggar pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi jo. Pasal 421 KUHP.

Adapun pemerasan oleh tersangka RTU dilakukan terhadap Direktur PT Cipta Wisesa Bersama (CWB) Chandra Setianto yang dimintai uang sebesar Rp1 miliar.

Baca Juga  Kemenkeu Klaim Nilai Aset Negara Masih Lebih Besar Dari Utang

Caranya tersangka selaku Manager Pemeliharaan Jaringan Distribusi PDAM Kota Surabaya lebih dahulu mengintimidasi dan mengancam Chandra tidak diperbolehkan mengikuti lelang.

Akibat adanya intimidasi atau ancaman tersebut Chandra terpaksa mentransfer melalui rekening bank yang ditentukan tersangka secara bertahap sebanyak delapan kali total sebesar Rp900 juta.

Adapun PT CWB yang diperas tersangka adalah perusahaan yang ditunjuk sebagai penyedia barang dan jasa pekerjaan pembangunan jaringan pipa DN-300 dan DN-200 di Jalan Rungkut Madya-Jalan Kenjeran (MEER) sisi Timur pada PDAM Surya Sembada. (*)

 

Share :

Baca Juga

Headline

Polisi Turun Tangan Bubarkan Acara Demokrat Kubu Moeldoko

Headline

Wamenkumham Tegaskan Edhy Prabowo dan Juliari Layak Dihukum Mati

Ekonomi

Pemerintah Perpanjang Diskon Listrik Hingga Maret 2021

Megapolitan

Golkar Pecah, Dewan Pakar Golkar Dukung Anies – Sandi

Headline

Untuk Persiapan Dana Tambahan, Kemendagri Minta KPU Tetapkan PKPU Pilkada 2020

Ekonomi

LPS : Pertumbuhan Ekonomi Tak Capai Target Hanya 3,8 Persen

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Minggu (20/9/2020)

Headline

Survei Menunjukkan Mayortas Masyarakat Nilai Pemerintah Lamban Atasi Corona