Home / Headline / Politik / Top News

Jumat, 15 Oktober 2021 - 18:51 WIB

Timsel Umuman Pendaftaran Calon Anggota KPU dan Bawaslu Mulai Dibuka Senin (18/11/2021)

NasionalPos.com, Jakarta – Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu Juri Ardiantoro mengumumkan pendaftaran seleksi bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) akan dibuka Senin (18/10/2021) hingga Senin (15/11/2021).

Juri menjelaskan pendaftaran bisa dilakukan di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta. Pendaftaran juga bisa dilakukan via pos ataupun online di https://seleksikpubawaslu.kemendagri.go.id.

“Tahapan seleksi akan dimulai dengan Pengumuman Pendaftaran seleksi bakal Calon Anggota KPU dan Bawaslu tanggal 18 Oktober 2021,” ujar Juri dalam jumpa pers daring, Jumat (15/10/2021).

Lebih lanjut, Juri mengatakan setelah pendaftaran ditutup, Tim akan meneliti berkas-berkas pendaftaran. Pada 17 November, Tim akan mengumumkan peserta yang lolos tahap seleksi administrasi.

Baca Juga  RSI Optimis 02 Menang Setelah Nonton Debat Terakhir

Selanjutnya, peserta akan menjalani seleksi tahap II yang terdiri dari tes tertulis, makalah, dan tes psikologi. Hasil seleksi tahap II akan diumumkan pada 3 Desember.

Peserta yang lolos akan menjalani tes psikologi lanjutan pada 9-11 Desember dan tes kesehatan pada 26-30 Desember. Bakal calon anggota KPU akan mengikuti tahap wawancara pada 28-30 Desember, sedangkan calon anggota Bawaslu diwawancara pada 26-27 Desember.

“Tim Seleksi akan bekerja untuk menghasilkan 14 nama Calon Anggota KPU dan 10 nama Calon Anggota Bawaslu yang akan diserahkan kepada Presiden selama 3 bulan sejak tim seleksi dibentuk,” ucap Juri.

Baca Juga  Kementan Kembangkan Lengkeng Kateki di Blora

Nama-nama itu akan disetor ke Presiden Joko Widodo pada 7 Januari 2022. Para calon penyelenggara pemilu masih akan diuji kembali di Komisi II DPR lewat uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Nantinya, ada 7 orang calon anggota KPU terpilih dan 5 calon anggota Bawaslu terpilih yang disetujui DPR. Nama-nama itu akan dikirim kembali ke Presiden Jokowi untuk dilantik. (*)

 

Share :

Baca Juga

Nasional

Ulang Tahun Vihara Tri Ratna ke 34 di semarakkan dengan pagelaran Wayang kulit

Ekonomi

Pontjo Sutowo : Wisata Bahari Masih Berpotensi Dikembangkan

Ekonomi

BPH Migas 5 Tahun Konsisten Kawal BBM 1 Harga

Headline

Update Corona (1/6/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 57.770 Orang Dan Meninggal 2.934 Orang

Headline

Adakan Mediasi dengan Polri Warga Aspol Menteng Akan Ungkap Dugaan Kesalahan Polri

Hukum

Batal Diperiksa, JPM Desak KPK Tetapkan Status Hukum Enggartiasto Lukito

Megapolitan

Syamsuddin Lologau di desak mundur oleh JPM

Headline

Fadli Zon : Survei UIE Indeks Demokrasi Indonesia Terburuk