Home / Megapolitan / Top News

Rabu, 8 Februari 2017 - 19:55 WIB

Tjahjoi Harus Berhentikan Ahok Sebagai Gubernur DKI

Margarito Kamis

Margarito Kamis

JAKARTA, NasionalPos – Sikap Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan penonaktifan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang sudah berstatus terdakwa penistaan agama masih menunggu pembacaan penuntutan oleh JPU. Hal itupun menuai kritik.

Pengamat hukum tata negara, Margarito Kamis, menilai alasan Mendagri bahwa penonaktifan Ahok menunggu pembacaan penuntutan oleh JPU itu mengada-ada. Karena dalam aturannya Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tidak ada penjelasan tentang itu.

“Saya minta kepada Mendagri jangan mengada-ngada, menunggu JPU (jaksa penuntut umum) melakukan penuntutan baru bisa diberhentikan. Argumentasi itu seribu persen mengada-ada,” kata Margarito kepada Republika.co.id, Rabu (8/2/2017).

Baca Juga  Kejagung Mengaku Belum Ada Tersangka Jiwasrayagate

Margarito menegaskan, kalau Mendagri masih juga memaksakan logika hukumnya seperti itu maka akan sungguh memalukan. Ia pun bertanya siapa yang memberi masukan ke Mendagri soal logika hukum seperti itu.

UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pasal 83 ayat 1 berbunyi “Kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah diberhentikan sementara tanpa melalui usulan DPRD karena didakwa melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun, tindak pidana korupsi, tindak pidana terorisme, makar, tindak pidana terhadap keamanan negara, dan/atau perbuatan lain yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Baca Juga  Update Corona (27/4/2020) Jumlah Pasien Positif 9.096 Orang Dan Meninggal Menjadi 765 Orang

Pada ayat 2 berbunyi, “Kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah yang menjadi terdakwa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberhentikan sementara berdasarkan register perkara di pengadilan.” (rid)

Share :

Baca Juga

Headline

Aspri, Sopir Dan Putera Menpan-RB Positif Terpapar Virus Corona

Headline

Jaksa Agung Rotasi 4 Pejabat Eselon I

Megapolitan

Rijal Calon Senator Jakarta Memilih Tahun Baru Bersama Korban Tsunami

Headline

Putin Undang Taliban Dalam Dialog Internasional

Headline

Din Syamsuddin Paparkan Tiga Syarat Pemakzulan Pemimpin

Nasional

Bareskrim Pastikan 18 Puskesmas Era Ahok yang Diresmikan Djarot Terindikasi Korupsi

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Rabu (8/7/2020)

Headline

Kasau Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual