Home / Headline / Hukum / Top News

Sabtu, 24 Juli 2021 - 16:31 WIB

Usai Kawal Selebgram Aceh, Dua Oknum TNI Dicpot

Selebgram Aceh, Herlin Kenza

Selebgram Aceh, Herlin Kenza

NasionalPos.com, Jakarta – Dua oknum TNI Komando Resor Militer (Korem) 011/Lilawangsa dicopot dari jabatannya usai mengawal selebgram Aceh, Herlin Kenza. Selain dicopot dua anggota TNI itu dikenakan sanksi penundaan kenaikan pangkat.

Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Sumirating Baskoro mengatakan dua anggotanya tersebut diduga mengabaikan kerumunan massa di salah satu toko pakaian yang dihadiri oleh Herlin Kenza. Apalagi keduanya dalam peristiwa itu tidak melaporkan ke pimpinan dan satgas.

“Sanksinya dicopot dari jabatan setelah itu penundaan naik pangkat, karena mereka terlibat dalam kerumunan itu tapi tidak melapor ke satgas dan pimpinan,” ujar Kolonel Inf Sumirating Baskoro kepada wartawan, Sabtu (24/7/2021).

Baca Juga  Menko Luhut Tegaskan Pentingnya Pengamanan Awak Kapal Perikanan Indonesia

Sumirating juga membantah bahwa kedua personel TNI itu ditugaskan khusus untuk mengawal kegiatan tersebut. Kata dia keduanya berada dilokasi toko itu hanya sekedar membantu dan menghadiri undangan pemilik usaha.

Dari keterangan keduanya, mereka tidak mengira bakal terjadi kerumunan massa di tempat usaha itu yang dihadiri oleh warga sekitar.

“Kedatangan mereka hanya membantu temannya untuk menyalurkan bantuan sosial. Meski begitu tetap disanksi karena tidak peka, seharusnya apabila terjadi kerumunan mereka melapor ke satgas atau ke pimpinan,” ujarnya.

Baca Juga  Gayus : Covid-19 Lahirkan Budaya Baru di Kampus

Anggota polisi yang juga ikut mengawal kedatangan Herlin Kenza juga bakal diberikan sanksi. Kepala Bidang Humas Polda Aceh, Komisaris Besar Winardy, menyebutkan anggotanya yang terlibat pengawalan itu tengah diproses Propam.

“Masih diproses Propam, nanti akan ada sidang khusus pelanggaran,” kata Winardy.

Sebelumnya, Polres Lhokseumawe telah menetapkan Herlin Kenza dan pemilik toko pakaian sebagai tersangka. Mereka disangkakan melanggar UU Kekarantinaan dengan mengabaikan protokol kesehatan. (CNN Indonesia)

 

Share :

Baca Juga

Headline

Luhut Yakin Sepekan Kedepan Kasus Covid-19 Membaik

Headline

Pastikan Kesiapan Kasal Cup Olahraga Perairan, Wakasal Tinjau Fasilitas Lomba

Headline

Gempa Susulan Masih Terus Dirasakan Warga Maluku

Headline

Kementan Keluarkan SE Pelaksanaan Kurban Idul Adha 1441 H di Tengah Pandemi Covid-19

Politik

Deklarasi Prabowo Capres Pada Awal Pekan Februari 2018?

Politik

Airlangga Tunjuk Plt Ketua Golkar DKI Gantikan Fayakhun Tersangka Bakamla

Headline

Terus Jalin Soliditas antar Personil, Seskoal Rutin Laksanakan Jam Komandan

Headline

Rano Karno Kembali Disebut Terima Rp700 Juta Terkait Korupsi Alkes Banten