Home / Headline / Nasional

Selasa, 6 Agustus 2019 - 17:41 WIB

Wakasal Lantik 348 Perwira TNI AL Lulusan Diktukpa

NasionalPos.com,Jakarta – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., melantik dan mengambil sumpah 348 perwira TNI AL lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-48 TA. 2018 dalam suatu upacara militer Prasetya Perwira (Praspa) yang dilaksanakan di Lapangan Laut Maluku, Kesatrian Bumimoro, Kodiklatal, Surabaya, Jatim, Selasa (6/8/2019).

Ke-348 orang perwira yang dilantik, 333 orang di antaranya adalah prajurit pria dan 15 prajurit wanita (Kowal) dengan rincian: 55 orang Korps Pelaut, 86 orang Korps Marinir, 60 orang Korps Teknik, 26 orang Korps Elektronika, 13 orang Korps Kesehatan, 53 orang Korps Suplai, 13 orang Korps Khusus, dan 12 orang Korps Pomal.

Sehari sebelumnya, Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji memberikan pembekalan kepada calon Perwira Diktukpa beserta istri, pembekalan dari Ketua PG Jalasenastri Kodiklatal Ny. Anti Dedi Yulianto tentang Organisasi Jalasenastri, ceramah keharmonisan keluarga, ceramah bahaya narkoba, pelatihan ecoprint serta pembuatan aksesoris pakaian.

Baca Juga  Aplikasi ‘JAGA’ Untuk Laporkan Penyelewengan Bansos ke KPK

Kasal dalam sambutan yang dibacakan Wakasal antara lain menyampaikan ucapan selamat kepada 348 Perwira TNI AL lulusan Diktukpa Angkatan ke-48 yang telah selesai melaksanakan pendidikan dan dilantik menjadi Perwira TNI AL. Perubahan status ini harus disyukuri dalam setiap sikap dan perbuatan di medan penugasan ke depan, serta mencerminkan postur perwira yang profesional, jujur dan bertanggung jawab, serta berpegang teguh pada kode etik Perwira TNI “Budi Bhakti Wira Utama”.

“Perubahan status dari Bintara menjadi Perwira membawa konsekuensi berupa peningkatan profesionalisme sesuai bidangnya, moralitas semakin baik, dan memiliki jiwa pengabdian yang tinggi sesuai jati diri Perwira TNI AL yang militan, sebagaimana janji yang diucapkan pada pengambilan sumpah Perwira”, ujar Kasal.

Kasal mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Komandan Kodiklatal dan pihak yang terkait atas dedikasi, integritas dan loyalitas dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan program Pendidikan Diktupa TNI AL Angkatan Ke-48 TA 2018. Tugas tersebut sangat mulia karena sumber daya manusia merupakan investasi jangka panjang yang akan menentukan kelangsungan organisasi TNI AL ke depan.

Baca Juga  Relawan Indonesia Maju Bagikan Ribuan Takjil Gratis di Kota Bandung

Adapun lulusan terbaik pada Diktukpa Angkatan ke-48 T.A 2018 diraih oleh Letda Laut (P) Muhamad Iqbal, S.H., mantan anggota Paspampres, Jakarta dan menjadi perwakilan perwira pada penyematan tanda pangkat Letnan Dua (Letda) oleh Wakasal.
Sedangkan lulusan terbaik dari masing-masing korps diberikan kepada : Korps Teknik Letda Laut (T) Teguh Hudi Winarto, S.H., Korps Elektronika Letda Laut (E) Parham, A.Md, Korps Suplai Letda Laut (S) Hanung Sasongko, S.E., Korps Marinir Letda Marinir Gunawan Sudrajat, Korps Khusus Letda Laut (KH) Sidik, Korps Kesehatan Letda Laut (K) Suhartoyo, SMPh., S.E., dan Korps Polisi Militer Letda Laut (PM) Muntar Elinton Pasaribu.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Chichi Wuspo Lukito, para Pejabat Utama Mabesal, para Pemimpin Kotama Angkatan Laut, para pejabat TNI wilayah Surabaya serta para Pejabat Terkait Lainnya. (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Update Corona (2/4/2020) Jumlah Pasien 1.790 Orang Dan Meninggal Menjadi 170 Orang

Headline

Mendes Klaim Bentuk 8.400 Pos Jaga Desa Antisipasi Pemudik Nekat

Headline

Kabakamla : Negara Harus Hadir di Perairan Natuna

Headline

PT Pos ke MK Gugat UU Pos

Headline

MA Vonis Bebas Mantan Dirut PLN Terkait Korupsi Pengadaan BBM

Headline

Update Data Corona (23/8/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 153.535 Orang dan Meninggal 6.680 Orang

Ekonomi

Sebanyak 8 Ribu Lebih Karyawan Grup Lion Air Dirumahkan Akibat Penumpang Berkurang

Nasional

James Riady Pernah Datangi Rumah Neneng Bupati Bekasi