Home / Megapolitan / Top News

Rabu, 16 Mei 2018 - 21:17 WIB

Warga DKI Jakarta Dukung Gerakan Sadar Tertib Arsip

Nasionalpos.com,Jakarta — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencanangkan Gerakan Sadar Tertib Arsip. Gerakan ini menjadi bagian untuk mencapai tujuan terwujudnya good govenance and clean government.

Dikatakan Sandi, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) harus bisa mewujudkan tertib administrasi, termasuk dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

“Pencanangan ini menjadi semangat baru untuk menghadirkan budaya dan pendekatan baru untuk menghargai pentingnya arsip,” ujar Sandi, usai mewakili Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan pencanangan Gerakan Sadar Tertib Arsip, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Dijelaskannya, arsip yang tidak dikelola dengan profesional dapat berdampak pada hilanganya aset. Selain itu, juga akan menjadi penilaian negatif dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Baca Juga  Update Data Corona (12/7/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 75.699 Orang dan Meninggal 3.3.606 Orang

“Jangan anggap remeh arsip. Arsip harus dikelola dengan baik, kita ingin pencanangan ini menjadi jalan untuk memperoleh opini WTP dari BPK,” terangnya.

“Pengelolaan arsip perlu fokus. Ini juga bisa menjadi peluang untuk memberikan lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Mustari Irawan menuturkan, dirinya mengapresiasi langkah Pemprov DKI terkait pentingnya arsip.

“Kami ingin, dengan segala kapasitasnya DKI bisa menjadi contoh bagi pemerintahan daerah lain,” ujarnya.

Ia menambahkan, gerakan ini merupakan upaya untuk membangkitkan komitmen untuk membuat dan menjaga arsip dengan baik.

selain itu, ia juga mengingatkan bahwa permasalahan arsip di jaman now, justru termasuk yang sangat strategis, oleh karena itu jangan pernah di abaikan.

“Soal pengarsipan di wilayah Provinsi DKI Jakarta harus semakin dioptimalkan dengan adanya gerakan sadar arsip ini, Kalau ini dilaksanakan, maka aset-aset yang dimiliki Pemprov DKI juga bisa terjaga dengan baik” tandasnya.

Baca Juga  Tanpa Gejala, Walikota Palangka Raya Positif Covid-19

Sementara itu, ditemui ditempat terpisah Anang Mansyur Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Cakrawala Jakarta Maju menyatakan sangat mendukung program Gerakan Sadar Arsip yang di inisiasi oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ujarnya, saat di temui nasionalpos.com di kawasan Jakarta Selatan, Rabu, (15 /5/ 2018).

Menurutnya program ini sangat memberikan edukasi kepada masyarakat agar memperhatikan masalah arsip,”Ya, selama ini, masyarakat kurang menyadari betapa pentingnya penataan dan penyimpanan arsip, sehingga seringkali kerepotan jika suatu saat membutuhkan surat-surat penting, kami sangat mendukung gerakan sadar arsip, insyaallah, harapannya warga Jakarta sadar terhadap arsip,” pungkasnya.( cep)

 

Share :

Baca Juga

Headline

Polisi Amankan 649 Orang Dalam Kerusuhan di DPR

Headline

Pemerintah Klaim Siapkan Rencana Aksi Saat Ada Badai La Nina

Headline

Anies Tagih Piutang Pemerintah Pusat Rp5,1 Triliun

Headline

CBS Jalasenastri Pushidrosal Ikuti Pengajian dan Doa Bersama Untuk Para Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 Secara Virtual

Nasional

Harap Maklum Ruang Sidang DPR Sepi

Headline

Kasal: Pembangunan Alutsista Dalam Negeri Solusi Kurangi Ketergantungan Luar Negeri

Headline

KPK Awasi Penggunaan Anggaran Dalam Penanganan Pandemi Covid-19

Nasional

Panwaslu dan Bawaslu segera usut tuntas oknum Kadisdukcapil yang tidak netral di Pilkada Sul – Sel