Home / Headline / Internasional / Top News

Senin, 27 Januari 2020 - 20:51 WIB

WNI di Wuhan, China Sulit Pertahankan Diri Dari virus Corona

Nasionalpos.com, Jakarta – Kementerian Luar Negeri mengakui ada keterbatasan bergerak atau kesulitan melakukan mobilitas yang dirasakan oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan dan beberapa wilayah lain di China yang masuk dalam kategori karantina.

Mereka mengalami kesulitan untuk mempertahankan diri agar tidak terpapar dari virus yang saat ini menyebar di wilayah itu. Hal ini terjadi setelah virus N-cov atau virus corona menyebar hingga menewaskan kurang lebih 80 orang itu.

“Kita lihat dari sisi masyarakat kita yang masih ada di Wuhan memang ada keterbatasan mereka, bukan mobilitas tapi lebih banyak dalam konteks perlindungan diri sehingga tidak terpapar dari sisi kesehatan,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Senin (27/1/2020).

Baca Juga  Update Data Corona (7/9/2021) Jumlah Pasien Positif 4.140.034 Orang dan Meninggal 137.156 Orang

Tak hanya kesulitan, para WNI ini kata dia juga mengalami sedikit kelangkaan logistik. Hal ini bisa dimafhumi lantaran wilayah tersebut memang sedang dalam kondisi karantina sehingga logistik yang masuk juga tak sebanyak biasanya.

Baca Juga  KPK Ajukan Banding Vonis Perkara Suap Wahyu Setiawan

Meski begitu dia memastikan para WNI tersebut saat ini dalam keadaan baik-baik saja dan tidak terindikasi terpapar virus corona.

“Logistik memang ada kondisi sedikit kelangkaan, karena kita bisa bayangkan manakala kondisi krisis terjadi atau kritis, maka ada keterbatasan suply,” katanya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menjelaskan bahwa pihak KBRI di Beijing terus berusaha untuk memberikan bantuan kepada pra WNI yang terjebak di wilayah karantina.

“Kedutaan besar kita di Beijing sidah siapkan rencana darurat termasuk bagaimana memasok kebutuhan-kebutuhan pokok,” katanya. Demikian dilansir CNN Indonesia.com. (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Jumat (14/8/2020)

Headline

Dansatgas Pamrahwan Yonif 751 : Tokoh Agama Kunci Stabilitas Keamanan Di Papua

Headline

Update Data Corona (31/8/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 174.796 Orang dan Meninggal 7.417 Orang

Ekonomi

Perajin Tahu Dan Tempe Mogok, Pemerintah Tetapkan Harga Kedelai Impor Rp8.500 Per Kilogram

Internasional

Perang Lawan Narkoba, 58 Orang Ditembak Mati dalam 3 Hari

Headline

Polri Selidiki Kasus Asabri Saat KPK Masih Tunggu Audit BPK

Headline

Polisi Amankan 649 Orang Dalam Kerusuhan di DPR

Headline

PBNU Dukung Pilpres Melalui MPR