Home / Ekonomi / Top News

Rabu, 29 Maret 2017 - 15:05 WIB

WP Yang Lapor SPT Hanya 7,2 Juta

JAKARTA, nasionalpos – Hingga Selasa (28/3/2017) kemarin, jumlah wajib pajak (WP) yang melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) baru mencapai 7,2 juta WP atau sekitar 35,69 persen.
Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (Humas) Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) Hestu Yoga Saksama mencatat, dari 7,2 juta WP yang sudah melaporkan SPT-nya, sebanyak 5,9 juta diantaranya melaporkan lewat e-filing alias melaporkan SPT secara online.

“Masyarakat sudah banyak yang meninggalkan cara manual. Sangat bagus banyak yang migrasi dari manual ke e-filing, karena sangat praktis, dan beban petugas pajak di KPP berkurang,” jelas Yoga, Rabu (29/3/2017) seperti dilansir dari cnnindonesia.com.

Baca Juga  Enam Tewas Sejak Aksi Demo Tolak Kudeta Militer Myanmar

Meski baru mencapai 35,69 persen, rasio kepatuhan pelaporan SPT tahun ini jauh lebih besar dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
“Angka yang sudah masuk SPT 7,2 juta per kemarin. Sementara tahun lalu, kalau dihitung periode yang sama baru terkumpul 5,5 juta,” kata Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak Yon Arsal.

Yon memperkirakan, jumlah WP yang melaporkan SPT akan terus melonjak sampai 31 Maret 2017 mendatang. Alias batas waktu terakhir pelaporan SPT setiap tahun.

Baca Juga  Izin Lingkungan Jadi Kendala Negosiasi Perpanjangan Kontrak Freeport dengan Pemerintah

Bahkan, Kemenkeu sudah merestui DJP untuk memperpanjang periode pelaporan SPT tahun ini sampai 21 April 2017. Hal ini dilakukan DJP untuk mengantisipasi kepadatan kantor pajak akibat membludaknya antrean peserta amnesti pajak yang kebetulan juga berakhir pada 31 Maret 2017.

“Di hari-hari terakhir kami yakin akan ada tambahan laporan yang cukup tinggi,” kata Yon. (sah)

Share :

Baca Juga

Politik

PBB Inisiasi Poros Islam – Nasionalis Baru Untuk Rebut Kemenangan di Pilpres 2019

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Rabu (24/6/2020)

Headline

Pertamakali Paus Fransiskus Temui Ulama Syiah Irak

Headline

Update Corona (16/6/2020) Jumlah Pasien Positif 40.400 Orang dan Meninggal Menjadi 2.231 Orang

Headline

NU Harap Polisi Tangkap Buronan Kakap Selain Joktjan

Headline

Massa Turun ke Jalan Pasca Politikus Swedia Bakar Alquran

Top News

Setelah Miranda, Giliran Boediono Digarap KPK Terkait Century

Headline

Tangisku Untuk Polisi