Home / HanKam / Top News

Rabu, 13 Juli 2022 - 02:54 WIB

Latihan Perencanaan Strategis TNI AU Perwira

Latihan Perencanaan Strategis TNI AU Perwira

Latihan Perencanaan Strategis TNI AU Perwira

NasionalPos.com,jakarta Latihan Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara Unit Organisasi (Latrenstra Hanneg UO) TNI AU (Angkatan Laut) Perwira Siswa Sekolah Staf dan Komando TNI AU (Angkatan Laut) (Seskoal) TA. 2022 pada hari ini dibuka pagelarannya secara resmi guna menghasilkan konsep pemikiran baru dan menjawab tantangan tugas perencanaan strategis dimasa yang akan datang.

“Hal ini ditandai dengan pernyataan resmi Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) yang diwakili Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo, pada pukul 7.30 WIB, hari Selasa 12 Juli 2022 di Gedung Amphiteater Samadikun Markas Komando Seskoal, Kebayoran Lama, Cipulir Jakarta Selatan”. Selasa (12/07). Kegiatan latihan ini berlangsung selama Empat hari, dari tanggal 12 sampai dengan 15 Juli 2022.

Latihan Perencanaan Strategis TNI AU Perwira

Dalam sambutannya, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) yang dibacakan Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo menyampaikan bahwa Seskoal sebagai Center of Excellence On Naval and Maritime Science berkewajiban untuk mendidik, membekali dan melatih para Perwira Siswa agar dapat memahami rangkaian proses perencanaan pembangunan pertahanan negara secara komprehensif, melalui penyelenggaraan latihan perencanaan strategis bidang pertahanan negara yang dimulai dari level yang tertinggi, yaitu visi dan misi Presiden RI.

Komandan Seskoal juga mengatakan bahwa proses perencanaan Pembangunan negara merupakan suatu rangkaian kegiatan perencanaan secara berurutan dan berkesinambungan, yang dilaksanakan setiap Dua Puluh tahun dan dijabarkan dalam periode Lima tahunan, serta selanjutnya dirinci dalam perencanaan tahunan. “Proses perencanaan pembangunan TNI Angkatan Laut merupakan bagian yang turut mempengaruhi pertahanan negara dan memberikan kontribusi positif dalam proses pembangunan nasional serta ikut menjamin tercapainya tujuan nasional”, kata Komandan Seskoal kepada seluruh Perwira Siswa peserta Latrenstra Hanneg UO TNI Angkatan Laut TA. 2022.

Baca Juga  Polri Bersiap Ngantor di IKN

Harapan Komandan Seskoal, Latihan Dapat Hasilkan Konsep Pemikiran Baru

Latihan Perencanaan Strategis TNI AU Perwira

Komandan Seskoal berharap kepada para Perwira Siswa dapat menggunakan hasil latihan ini, sebagai pengalaman dalam tugas penulisan Tesis dan Taskap, sehingga dapat menghasilkan konsep pemikiran baru guna menjawab tantangan tugas perencanaan strategis dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Departemen Menejemen (Kadepjemen) Seskoal Kolonel Laut (E) Hari Sulistyo, T.T., M.M., CIQnR. selaku penanggung jawab sekaligus Direktur Latihan (Dirlat) kegiatan Latrenstra Hanneg UO TNI Angkatan Laut Perwira Siswa Seskoal mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan latihan puncak bagi Perwira Siswa dalam menerapkan seluruh teori Perencanaan Strategis yang diperoleh di kelas selama ini. “Adapun tujuan utama dari latihan ini adalah untuk melatih para Perwira Siswa agar dapat mengerti dan memahami mekanisme sistem perencanaan pembangunan pertahanan negara Unit Organisasi TNI AU (Angkatan Laut) serta melatih para Perwira Siswa dalam melaksanakan penyusunan dokumen rencana strategis bidang pertahanan negara Unit Organisasi TNI Angkatan Laut pada proses perencanaan jangka menengah Lima tahunan dan jangka pendek Satu tahunan.

Latihan Perencanaan Strategis TNI AU Perwira

Pembukaan Latihan yang diikuti oleh seluruh Pejabat Utama, Dosen dan Patun Seskoal serta Pejabat latihan Wasdal ini, mengangkat tema “Melalui Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara Unit Organisasi (UO) TNI Angkatan Laut Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Pasis Dikreg Seskoal) Angkatan Ke-60 TA. 2022 dan Perwira Siswa Kursus Manajemen Strategik (Pasis Susjemenstra) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-17 TA. 2022 Akan Meningkatkan Kemampuan & Pengetahuan Pasis Penyusunan Dokumen serta Mekanisme Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara”.

Baca Juga  TNI Melaksanakan Karya Bakti Bersama Masyarakat Papua

Turut hadir pada acara tersebut, Komandan Seskoal Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han), Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo, Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duto Purwoko Kuntjoro, S.T., M.A.P., M.Tr.( Han), Kepala Koordinator Dosen (Kakordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP., para Pejabat Utama Seskoal, para Kadep, Dosen dan Pasis Dikreg Sesko Angkatan Ke-60 TA. 2022. Dalam pelaksanaan kegiatan Latrenstra Hanneg UO TNI Angkatan Laut ini, tidak lupa dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan mematuhi 5 m, yaitu mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, menjaga jarak 1 meter, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas sehingga tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19.

Latihan Perencanaan Strategis TNI AU Perwira

Kegiatan Penataran Latrenstra ini juga selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul, profesional dan tangguh serta upaya kita semua dalam menghadapi era keterbukaan informasi dan revolusi industri 4.0.(*)

 

**DM

Share :

Baca Juga

corona

Headline

Update Corona (15/6/2020) Jumlah Pasien Positif 39.294 Orang dan Meninggal Menjadi 2.198 Orang
Donald Trump

Headline

Gagal Atasi Corona, Trump Stop Pendanaan AS Untuk WHO
KPK

Headline

Survei Tingkat Kepercayaan Publik, KPK Turun, TNI Teratas dan Presiden kedua
IMG 20190501 WA0015 512x341

Megapolitan

Pangkolinlamil Buka RAPJ Puskopal Kolinlamil
corona

Headline

Update Data Corona (6/7/2021) Jumlah Pasien Positif 2.345.018 Orang dan Meninggal 61.868 Orang
Ronny F Sompie

Headline

Ronny Sompie Dicopot Menyusul Delay Data Harun Masiku di Bandara Soetta
772f86e9 fffe 43ed bfc8 6b185d8c6549

Megapolitan

FSAB Sosialisasikan Nilai-Nilai Kejuangan dan Kepahlawanan Bagi Generasi Millennial
Jimmy gl pro

Headline

GL-PRO 08 Kecewa Penanganan PKL Depan Kampus UNJ, Pulogadung