Home / Internasional / Headline / Politik

Jumat, 16 September 2022 - 09:48 WIB

Pengajuan RUU Baru Terkait Dukungan AS Bagi Taiwan Dikecam Cina

Nasionalpos.com, BEIJING – Diperoleh informasi yang dilansir dari Kantor berita Nasional Cina, yang menyebutkan Pemerintah China pada mengecam langkah panel Senat Amerika Serikat (AS) yang mengajukan rancangan undang-undang (RUU) untuk meningkatkan dukungan militer AS terhadap Taiwan. jika RUU tidak dibatalkan maka akan mempengaruhi hubungan AS-China, demikian disampaikan Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, Kamis, 15/9/2022 di Beijing, waktu setempat.

“China dengan tegas menentang hal ini dan telah membuat pernyataan serius kepada pihak AS bahwa, hanya ada satu China di dunia, bahwa Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah China, dan China akan mempromosikan penyatuan kembali negara tersebut,”  kata Mao.

RUU itu muncul lebih dari satu bulan setelah China melakukan latihan militer terbesarnya di sekitar Taiwan. Latihan militer itu sebagai tanggapan atas kunjungan ketua parlemen AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Baca Juga  Update Data Corona (6/9/2021) Jumlah Pasien Positif 4.133.433 Orang dan Meninggal 135.469 Orang

Sementara itu, pada Rabu 14/9/2022 kemaren, Komite Senat AS menyetujui rancangan undang-undang yang secara signifikan akan meningkatkan dukungan militer AS untuk Taiwan. Langkah ini diambil karena China meningkatkan tekanan militer terhadap Taiwan.

RUU itu disetujui melalui pemungutan suara dengan hasil 17 suara setuju dan 5 suara tidak setuju. Pemungutan suara bipartisan yang kuat merupakan indikasi yang jelas dari dukungan Partai Republik dan Demokrat terkait perubahan kebijakan AS terhadap Taiwan. Perubahan kebijakan tersebut yaitu memperlakukan Taiwan sebagai sekutu utama non-NATO.

Sponsor mengatakan RUU itu akan menjadi restrukturisasi kebijakan AS yang paling komprehensif terhadap Taiwan, sejak Undang-Undang Hubungan Taiwan pada 1979. Ini menjadi landasan keterlibatan AS terhadap Taiwan, meskipun keduanya tidak memiliki hubungan diplomatik secara resmi.

Baca Juga  Korlap Aksi 1812, Rijal Kobar Jawab 101 Pertanyaan Penyidik Polda

“Kita perlu melihat dengan jelas tentang apa yang kita hadapi,” kata Senator Bob Menendez, sembari menekankan bahwa Amerika Serikat tidak mencari perang atau meningkatkan ketegangan dengan Beijing.

Sementara kantor kepresidenan Taiwan berterima kasih kepada Senat atas dukungan terbarunya. Taiwan mengatakan, RUU itu akan membantu mempromosikan kemitraan Taiwan-AS dalam banyak hal, termasuk kerja sama keamanan dan ekonomi.

RUU tersebut akan mengalokasikan anggaran senilai 4,5 miliar dolar AS dalam bantuan keamanan untuk Taiwan selama empat tahun, dan mendukung partisipasi Taiwan dalam organisasi internasional. RUU itu juga mencakup bahasa ekstensif tentang sanksi terhadap China jika terjadi permusuhan di selat yang memisahkan China daratan dari Taiwan. RUU Taiwan kemungkinan akan disahkan akhir tahun ini (*red)

 

 

Share :

Baca Juga

Nakes Covid 19

Headline

Update Data Corona (4/9/2021) Jumlah Pasien Positif 4.123.617 Orang dan Meninggal 135.469 Orang
49216bd7 26fb 4e3f be0a 802c0637f5e6 169

Headline

Serangan Drone Turki Tewaskan Jedral Irak
ditangkap

Headline

Daftar Panjang Orang Hilang di China Setelah Kritik Pemerintah
corona

Headline

Update Data Corona (7/8/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 121.226 Orang dan Meninggal 5.593 Orang
Trump Vs Biden

Headline

Trump Bilang Bisa Jatuhkan Biden Dalam Adu Tinju
BBM 1

Ekonomi

BPH Migas 5 Tahun Konsisten Kawal BBM 1 Harga
mahfud md 3 kimau

Headline

Mahfud: Pemerintah Akan Usut Aparat Yang Terlibat Kasus Djoko Tjandra
denny indrayana edit

Hukum

Sengkarut Praktik Mafia Hukum & Pemberantasan Korupsi Di Ungkap Denny Indrayana