Home / HanKam / daerah / Headline

Minggu, 6 November 2022 - 20:48 WIB

Sub 3 Margahayu Sektor 7 Gelar Giat Pembersihan di Aliran Anak Sungai Cimariuk

NasionalPos.com-Kab Bandung, – Komandan Sub 3 Margahayu Sektor 7 Satgas Citarum Harum Serka Agus kerahkan anggotanya untuk melaksanakan pembersihan sampah dan rumput liar di aliran anak sungai Cimariuk Desa Sayati Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, Minggu 06/11/2022.

Terpantau di lokasi Satgas melakukan pembabatan rumput liar dengan menggunakan mesin pemotong rumput dan alat manual lainnya, kendati demikian Satgas tetap melakukan pembersihan secara maksimal sehingga sungai nampak bersih dan bantarannya menjadi rapi.

Kesan liar, seram dan kumuh kini sudah tidak nampak lagi di sungai dan anak sungai yang berada di wilayah Sektor 7, selain aliran sungainya lancar airnya pun bersih sehingga fungsi sungai kembali normal.

Baca Juga  Anggap SKB 6 Menteri Soal Pembubaran FPI Cacat, FPI Tak Akan Gugat ke PTUN

Serka Agus menyampaikan, jika pembersihan baik rumput liar maupun sampah kita lakukan secara rutin, maka hasilnya pun akan lebih terlihat, karena hal tersebut masuk ke dalam ranah perawatan daerah aliran sungai.

“Jika sungai tidak kita rawat dan jaga, apalagi sama sekali tidak ada sentuhan untuk membersihkannya, tentunya sungai akan sangat kotor, kumuh dan menyeramkan karena bisa saja menjadi sarang binatang berbisa,” ucapnya.

Dapat dilihat sendiri, lanjut Agus, hasil dari perawatan sungai ini, bersih dan rapih, perawatan sungai bisa dilakukan dengan pembersihan, sementara pengontrolan atau pengawasan bisa kami lakukan dengan cara patroli.

Baca Juga  Komandan Pushidrosal Lepas Manlap Latsurta Hidros TA 2021

“Dua hal yang paling mendasar antara perawatan dan pengawasan sangat di perlukan dalam menjaga pelestarian guna menjaga keseimbangan ekositem yang ada di daerah aliran sungai,” jelas Agus

Dirinya juga berharap, jika bantarannya rapih, sungainya bersih, aliran airnya lancar tentu semua pihak akan merasa senang, karena keasrian yang diharapkan benar-benar bisa terwujud dengan nyata, dengan tidak akan pernah berhenti mengajak kepada warga masyarakat agar lebih berperan aktif dalam pelestarian lingkungan,

“Kami juga tegaskan Jangan membuang sampah sembarangan terutama ke daerah aliran sungai,”pungkasnya. (*Red/Pendam III/Siliwangi)

Share :

Baca Juga

Update Data Corona (6/3/2022) Jumlah Pasien Positif 5.748.725 Orang dan Meninggal 150.172 Orang

Headline

Update Data Corona (24/8/2021) Jumlah Pasien Positif 4.008.166 Orang dan Meninggal 128.252 Orang
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

Headline

Nadiem Ditantang Gubernur Lampung Soal PTM
ST Burhanuddin 2

Headline

Joko Tjandra Bebas Melenggang, Jaksa Agung Pertanyakan Pencekalan Imigrasi
Bendera PDIP

Headline

Ahli Hukum Pidana Nilai Kurang Tepat Laporan PDIP Soal Pembakaran Bendera

Headline

JK : Perppu KPK Jatuhkan Wibawa Pemerintah
Pilkada

Headline

KPU Ungkap 60 Cakada Pilkada 2020 Positif Covid-19
Pesawat AS

Headline

di Laut China Selatan, Pesawat AS Nyaru Jadi Pesawat Malaysia
IMG 20220427 WA0091 copy 369x277 1

HanKam

Satgas Yonif 126/KC Berikan Layanan Kesehatan kepada Masyarakat