Home / Headline / daerah / Religi

Jumat, 11 November 2022 - 11:22 WIB

Vesper Agung Jelang Tahbisan Uskup Sanggau, Uskup Agustinus katakan Jadilah Gembala yang Baik

NasionalPos.com, Sanggau– Perjalanan dari Pontianak dimulai sekitar 10.00 WIB kemudian kedatangan Nuntius (Duta Besar Vatikan) di Keuskupan Sanggau disambut meriah oleh tarian khas Dayak Sanggau dan adat lokalnya. Tepat pada 14.00 WIB, rombongan Nuntius (Duta Besar Vatikan) untuk Indonesia, Mgr. Piero Pioppo bersama Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus dan para Uskup se-Indonesia diarak masuk menuju persinggahan biara di Katedral Sanggau untuk ramah tamah hingga mempersiapkan diri untuk ibadat Vesper Agung pada 18.00 WIB.

Meskipun cuaca rintik namun semangat umat untuk menyambut Nuntius di Keuskupan Sanggau tetap berjalan meriah apalagi Nuntius yang umat ketahui merupakan perwakilan Paus Fransiskus sebagai gembala utama umat Katolik di seluruh dunia.

Agenda ibadat sore meriah atau Vesper Agung dilaksanakan pada 10 November 2022 jelang tahbisan Episkopal Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Valentinus Saeng CP, di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau yang dipimpin oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus.

Baca Juga  Update Data Corona (17/1/2022) Jumlah Pasien Positif 4.272.421 Orang dan Meninggal 144.174 Orang

Peristiwa Penting dalam Perayaan ibadat sore meriah itu meliputi pengakuan iman oleh calon Uskup, sumpah setia calon Uskup kepada Tahta Suci dan pemberkatan Insignia misi kegembalaan Uskup Valentinus Saeng, C.P sebagai Uskup baru di Keuskupan Sanggau. Kemudian upacara tahbisan Episkopal akan dilanjutkan pada Jumat 11 November 2022 di gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau yang dimulai pada Pukul 09.00 WIB

Uskup Agustinus menyampaikan kunci menjadi seorang gembala yang baik tidak ada cara lain selain rendah hati. Setinggi apapun sekolahnya, sehebat apapun dirinya jika tanpa dasar sikap rendah hati, semua akan sia-sia.

Kemudian sikap kedua yang digarisbawahi oleh Uskup Agustinus adalah sikap untuk mampu ‘melebur’ bersama umat yang dinahkodai. Baginya, seorang Uskup Agustinus peranan gembala yang dekat dengan umat adalah kunci untuk membuka persaudaraan dan komunikasi agar hubungan gereja dan umat bahkan gereja dan pemerintahan menjadi tempat penyalur cinta kasih Kristus di wilayah Keuskupan Sanggau.

Baca Juga  Seluruh Jaksa, Diperintahkan Jaksa Agung, Agar Pelajari KUHP Baru

Uskup Agustinus juga menitikberatkan bahwa dalam kegembalaan Uskup Valentinus Saeng CP, hendaknya menjadi rendah hati, memiliki iman tidak berarti memiliki jawaban atas segalanya oleh karena itu sikap rendah hati akan melahirkan pandangan kepada sesama imam untuk saling mendukung dan mendoakan.

Oleh karena itu, Uskup Agustinus mendoakan Uskup Valentinus Saeng CP untuk selalu berjalan bersama dan menjadikan kehadiran umat di Keuskupan Sanggau sebagai kesempatan berharga untuk memperkaya dan memperbaharui iman dalam semangat seorang Gembala yang Baik.

” Jika melihat saudara rekan kerjanya sebagai saingan maka yang terjadi adalah perpecahan dan dari sana dimulainya bibit kesombongan. Maka lihatlah rekan kerja kita dalam Keuskupan sebagai saudara dan bukan sebagai saingan, saling mendukung, mendoakan dan duduk bersama untuk saling mendukung,” pesan Uskup Agustinus. (*red/ Samuel- Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Pontianak

Share :

Baca Juga

Gedung jampidsus

Headline

Rugi Rp20 Triliun, Ada Skenario ‘kotor’ Dalam Skandal BPJS Ketenagakerjaan?
a22a922a 2f81 462d 9155 aace87702e44

Headline

Demo di DPR Tolak RUU HIP, PA 212 mengatakan Massa Akan Lebih Besar
Bendera PDIP

Headline

Ahli Hukum Pidana Nilai Kurang Tepat Laporan PDIP Soal Pembakaran Bendera
Jepang

Headline

Jepang Segera Evakuasi Warganya Keluar Indonesia
kudeta myanmar

Headline

Hadapi Demo, Militer Myanmar Kerahkan Pasukan Pembantai Rohingya
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar

Headline

Mendes Klaim Bentuk 8.400 Pos Jaga Desa Antisipasi Pemudik Nekat
DPR

Headline

NasDem Usul Gaji Parlemen Dipotong Untuk Atasi Pandemi Covid-19
90171592 0e13 417a 99f1 c184c2c88bca 512x340 1

Headline

Kasum TNI Buka Rakor Bidang Operasi Tahun 2020