Home / Headline / Ekonomi / Nasional

Jumat, 20 Januari 2023 - 18:35 WIB

Catatan Kemenkeu, Transaksi Lelang Sepanjang 2022 Capai Rp35 Trilyun

NasionalPos.com, Jakarta- Sepanjang 2022, transaksi lelang mencapai Rp35 triliun atau 117% dari target, yakni Rp30 triliun. Selain itu, bea lelang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari hasil lelang pada 2022 mencapai Rp850 miliar, atau 121% dari target sebesar Rp700 miliar. Ada tren pertumbuhan positif, dari Rp16 triliun pada 2017 sampai Rp35 triliun di 2022 capaian ini mengalami peningkatan sejak 2017, itulah catatan Hasil lelang yang dicapai oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) demikian dikatakan Direktur Lelang DJKN Kemenkeu Joko Prihanto, dalam konferensi pers virtual, Jumat 20/1/2023.

“PNBP juga pertumbuhannya positif. Kita berharap pada 2023 ada pertumbuhan positif dalam pokok lelang dan bea lelang atau PNBP,” imbuh Joko.

Baca Juga  Tahun Ajaran Baru, Pihak Sekolah Terapkan Sistem Belajar Selama Masa Pandemi Covid 19.

Adapun capaian Rp35 triliun tersebut bersumber dari hasil lelang melalui penegakan hukum sebesar Rp2 triliun. Lalu, penjualan barang agunan Rp10 triliun dan lelang secara sukarela atau terhadap perusahaan pailit yang asetnya dilelang dan sebagainya sebesar Rp23 triliun.

Dilihat jenisnya, dari capaian Rp35 triliun terdiri dari lelang melalui Pasal 6 Undang-Undang tentang Hak Tanggungan mencapai Rp9,9 triliun. Kemudian, kepailitan mencapai Rp2,2 triliun, sukarela Rp13 triliun, serta barang milik negara dan daerah Rp882 miliar. Lalu, barang rampasan atau sitaan dari kejaksaan Rp625 miliar dan lelang pengadilan Rp378 miliar. Selain itu, dari capaian tersebut, hasil yang disetorkan kepada kas negara mencapai Rp2,7 triliun.

“Angka Rp2,7 triliun pada 2022 kita upayakan pada tahun ini akan mengalami pertumbuhan signifikan, sehingga kontribusi lelang selalu meningkat,” tuturnya.

Baca Juga  Kebocoran Data Jangan Sampai Berulang Kembali, Pemerintah Mesti Perkuat Ketahanan Cyber

Dalam pelaksanaan lelang pada 2022, lanjut Joko,  DJKN juga melaksanakan program pemberdayaan UMKM melalui lelang. Terdapat 936 pelaku UMKM yang diajak menjual produknya melalui lelang. Serta, diberikan pelatihan terkait penggunaan teknologi dan digitalisasi, Dukungan DJKN atau Kemenkeu kepada UMKM melalui program ini kita berikan kemudahan. Misalnya, ada relaksasi bagi UMKM berupa tarif bea lelang 0%. Relaksasi lainnya, pembebasan uang jaminan bagi peminat barang UMKM di laman lelang.go.id.

“Bahwa pada tahun ini, pemerintah menargetkan lelang dapat mencapai Rp33 triliun. Sementara itu, untuk PNBP diharapkan dapat mencapai Rp758 miliar.”pungkas Joko.

 

Share :

Baca Juga

Tolak UU Minerba

Headline

MK Kabulkan Sebagian Gugatan Terhadap UU Minerba
bendera putih

Ekonomi

Negara Dinilai Gagal, Buruh Serukan Pengibaran Bendera Putih

Headline

Trump Harap Muslim AS Terapkan Jarak Sosial Saat Ramdhan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil Resmikan Situ Ciburuy

Pariwisata

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Resmikan Situ Ciburuy
foto dprd edit

Megapolitan

Wagub Ariza Patria Sampaikan Tiga Raperda di Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta
anak dicabuli

Headline

Polisi Belum Pegang Bukti Dugaan Anggota DPR Cabuli Anak
buruh corona

Headline

Update Data Corona (25/1/2021) Jumlah Pasien Positif 999.256 Orang dan Meninggal 28.132 Orang
Peraadi SAI edit

Hukum

Untuk Lindungi Data Pribadi, Peradi SAI Bertransfomasi Digital Terapkan Sistem Informasi ADVOKAT