Home / Headline / Nasional / Peristiwa

Rabu, 17 Agustus 2022 - 23:22 WIB

Di Upacara Peringatan HUT RI ke 77, Warga Berharap Indonesia Bisa Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat

Nasionalpos.com, Jakarta– Dari hasil pantauan dan liputan nasionalpos.com dalam rangka peringatan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, dapat disampaikan bahwa untuk kesekian kalinya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan memimpin langsung Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 17/8/2022, pagi, sementara itu, untuk tahun 2022 ini, Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan pakaian adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sementara Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin memakai baju adat Provinsi Banten.

Sebelum upacara dimulai, dilakukan kirab budaya yang merupakan prosesi arak-arakan untuk membawa duplikat bendera pusaka sang merah putih dan naskah teks proklamasi dari tempat penyimpanan di Ruang Kemerdekaan yang berada di Cawan Monas menuju Istana Merdeka.

Upacara dimulai dengan tembakan meriam sebanyak 17 belas kali, diikuti bunyi sirine selama satu menit, kemudian dilanjutkan dengan membacakan naskah proklamasi yang pada 77 tahun silam diucapkan oleh proklamator Ir. Soekarno, yang dibacakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti

Setelah itu , Presiden Jokowi selaku inspektur upacara memimpin para peserta upacara untuk mengheningkan cipta. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas kemudian memandu pembacaan doa.

Sebagai informasi, akibat pandemi COVID-19, dua tahun sebelumnya upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka hanya dihadiri oleh peserta terbatas sementara tamu undangan lainnya hadir melalui konferensi video. Namun, untuk tahun ini, dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, undangan dapat hadir langsung di Istana Merdeka.

Baca Juga  Gelar Pasar Tani, Kementan Pastikan Ketersediaan Telur Ayam Ras di Jambi Aman

“Penyelenggaraan ini tentu saja atas arahan Presiden dan Ibu Negara karena beliau sangat memperhatikan dan melihat animo, keinginan, dan harapan masyarakat dan juga kerinduan masyarakat untuk dapat hadir secara langsung di Istana Merdeka,” ujar Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

Walaupun diselenggarakan secara tatap muka, upacara tetap berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri oleh sekitar 4.500 undangan.

“Kami tidak membuka 100 persen, kami masih berada di angka 60 persen dengan kaidah-kaidah protokol kesehatan yang ketat. Jadi kita masih bertahap, sekarang sampai di 60 persen, kurang lebih di angka 4.500 (undangan),” kata Yusuf.

Untuk itu, lanjut Yusuf, Istana kemudian memfasilitasi para undangan yang tidak dapat hadir secara langsung, dengan membuka kegiatan upacara virtual.

“Upacara virtual ini dapat dihadiri sampai dengan 77 ribu masyarakat dari Sabang-Merauke, termasuk diaspora yang berada di luar negeri,” imbuhnya.

Sementara itu, di luar halaman Istana Negara, nampak ribuan orang masyarakat yang datang dari dalam kota Jakarta maupun dari luar kota Jakarta, melihat dan bahkan mengikuti kegiatan upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 77 dengan tema Lebih Cepat Pulih, Lebih Kuat Bangkit ini, dengan antusias, dan tertib menyaksikan rangkaian acara, dari mulai kirab budaya yang berjalan dari Tugu Monas hingga Istana Negara, hingga usainya upacara.

Baca Juga  Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Minggu (7/6/2020)

Tim NasionalPos Temui Masyarakat di Acara Peringatan HUT RI ke 77

Dalam kesempatan itu, nasionalpos.com berkesempatan menemui salah seorang masyarakat yang menyaksikan upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 77, sebut saja Ferry (30) warga dari Kota Bogor ini, ia mengatakan bahwa dirinya sangat senang dan bangga, setelah dua tahun tak menyaksikan jalannya Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dengan meriah dan adanya kirab budaya dikarenakan covid-19, nah di tahun 2022 ini kembali digelar dengan sangat meriah, khimad, aman dan tertib dalam menerapkan protocol kesehatan.

“Ya, saya senang sekali dapat menyaksikan upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 77 yang berlangsung sangat meriah, mas, dan saya berharap semangat yang dikobarkan pada peringatan ini dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, yakni bersatu, kompak, kerja iklas,cerdas dan tuntas  agar Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat, Dirgahayu Indonesiaku, Jayalah negeriku”pungkas Ferry.

 

Share :

Baca Juga

Bos toko online Amazon Jeff Bezos

Headline

Ini Miliarder Dunia Yang Makin Tajir Saat Pandemi Covid-19 Melanda
Apartemen 2

Headline

Rijal Kobar Desak Anies Cabut Izin Pengembang Yang Kangkangi Pergub 132/2018
sri mulyani

Ekonomi

Pemerintah Naikkan Anggaran Pandemi Covid-19 Hingga Rp696,2 Triliun
Kim

Headline

Demi Bantuan, Korut Klaim Dekat Dengan China
Mayjen Tatang dan Sekjen OBB

Nasional

Kader Desak Ferry Mundur Sebagai Sekjen dan Dipecat Dari PBB
IMG 20190718 WA0064 640x425

Headline

Tambah Alutsista TNI AL Bangun Dua Unit Kapal PC 40
Fadli Zon

Headline

Fadli Zon Curiga Ada Yang Cari proyek Dibalik Wacana Presiden 3 Periode
logo TNI ke 77 ORARI

HanKam

Sinergisitas TNI-ORARI Salah Satu Wujud TNI adalah Kita