Home / Headline / Hukum / Internasional

Jumat, 2 September 2022 - 10:16 WIB

Diduga Korupsi Mantan Pejabat Keamanan Nasional Dipecat Partai Komunis Cina

Nasionalpos.com, BEIJING – Diperoleh informasi yang dilansir dari Kantor berita Xinhua, menyebutkan, bahwa Mantan pejabat senior China yang diselidiki atas tuduhan korupsi di Kementerian Keamanan Nasional dipecat dari Partai Komunis dan dari jabatannya. Setelah dinyatakan bersalah atas dakwaan korupsi.

Pengawas antigratifikasi China mengumumkan tindakan terhadap Liu Yanping, 67 tahun, pada Kamis, 1/9/2022 kemaren. Ia pejabat tinggi keamanan terbaru menjelang Kongres partai Oktober mendatang.

Mantan wakil menteri keamanan publik, Liu merupakan pejabat keempat yang dipecat sejak 2019. Dalam pernyataan Komisi Pusat Inspeksi Displin (CCDI) kejahatan utama Liu bersifat politis.

Baca Juga  Peringati HUT-59, Kowal Gelar Ceramah Motivasi

Presiden China Xi Jinping menjadikan lembaga antirasuah sebagai ciri pemerintahannya selama satu dekade. Ia diperkirakan kembali terpilih sebagai presiden untuk masa jabatan ketiga di Kongres partai bulan depan.

Selain mengkritik Liu karena “menggugurkan keyakinan dan idealismenya” dan “kehilangan prinsip partai” CCDI mengatakan Liu juga bergabung dalam “geng politik” Sun Lijun. Mantan wakil menteri keamanan publik yang dipecat atas kejahatan politik dan korupsi pada 2021 lalu.

Baca Juga  AS Khawatir Ada Ratusan Ribu Pasukan Rusia Di Perbatasan Ukraina

Terpisah CCDI juga mengatakan, mantan ketua dewan  China Life Insurance Co dan ketua Partai Komunis, Wang Bin juga dipecat dari partai dan jabatan publik atas penyuapan dan korupsi. Wang dinyatakan bersalah menerima suap dan menyalahgunakan kekuasaannya untuk menguntungkan pihak lain. (*dit)

Share :

Baca Juga

Iran rusuh

Headline

Iran Rusuh, Ratusan Bank dan Kantor Pemerintah Dibakar
Yusuf Hasani PBB 2

Headline

Muktamar PBB Refleksi Kegagalan Politik Akal Sehat
satkar ulama

Headline

DPD Satkar Ulama Indonesia Jakarta Barat Masa Bakti 2022-2027 Bertekad Menangkan Partai Golkar Pada Pemilu 2024 di Wilayah Kota Adm Jakarta Barat
THR PNS

Ekonomi

Ini Bocoran Rencana Perombakan Dana Pensiun
kereta api corona

Headline

Update Data Corona (1/11/2021) Jumlah Pasien Positif 4.244.761 Orang dan Meninggal 143.423 Orang
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar

Headline

KPK Tetapkan Dua Pejabat Dalam Pengadaan Citra Satelit
aktivis jaki yudi suyuti 169edit

Hukum

Di Sektor Energi Terbarukan, Konstribusi KPK Bisa Jadi Rujukan Dunia ke Depan
seskoau 1

Headline

Peran TNI Polri serta Komponen Bangsa Sangat Dibutuhkan Dalam Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional