Home / Ekonomi / Hukum / Nasional

Senin, 18 Juli 2022 - 10:34 WIB

Ditemukan Kejahatan Siber Baru Bermodus Penipuan dengan Janji Hadiah Bitcoin

NasionalPos.com, Jakarta– Aktivitas kejahatan siber, nampaknya semakin berkembang seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi digital, baru-baru ini ditemukan di mana pelaku mengatasnamakan perusahaan teknologi NVIDIA dan menjanjikan hadiah berupa bitcoin kepada para targetnya, demikian disampaikan Olga Svistunova Pakar Keamanan dari  Kaspersky.

“Penipuan crypto yang menggunakan foto selebriti, atau merek terkenal menjadi marak belakangan ini. Kali ini, penyerang melakukan hal yang lebih jauh, membuat situs palsu mengatasnamakan CEO NVIDIA dan menghubungkan situs ke acara spesial perusahaan,” ungkap pakar keamanan Kaspersky Olga Svistunova kepada pers, Senin, (18/7/2022) di Jakarta.

Para kriminal tersebu, lanjut Olga Svistunova, telah membuat situs palsu bertuliskan Perayaan Ulang Tahun ke-30 Perusahaan NVIDIA. Pengunjung dapat berpartisipasi dan berkesempatan mendapatkan hadiah total 50 ribu bitcoin. Namun, para pelaku kejahatan siber mengerahkan upaya untuk mengecoh korban dengan menggunakan logo NVIDIA yang salah dari yang seharusnya berwarna hijau menjadi ungu.

Baca Juga  Kejagung Nilai Tepat Vonis Bebas Majelis Hakim PN Jaksel Terkait Unlawful Killing Laskar FPI

Pada situs palsu tersebut, terdapat tombol “Participate” yang jika diklik akan membawa pengunjung ke laman berikutnya yang berisi informasi detail mengenai pembagian hadiah. Namun, terdapat banyak kesalahan ejaan yang tidak biasa ditemukan pada perusahaan terkemuka seperti NVIDIA, Laman tersebut membujuk korban untuk mendonasikan sejumlah uang sebelum memenangkan hadiah. Dalam laman itu juga terpapar foto Jensen Huang, CEO NVIDIA.

“Saran utama kami adalah untuk berhati-hati menelusuri tautan yang Anda ikuti di internet, dan hindari donasi dalam bentuk apapun dari sumber yang belum terpercaya,” tukas Olga.

Baca Juga  Skema Kartu Prakerja Disambut Positif Masyarakat Internasional, Bisa Direplikasi ke Program Lain

Dia juga menyarankan beberapa langkah sederhana untuk menghindari penipuan serupa, seperti mengecek setiap tautan sebelum diklik. Jika ada salah pengejaan atau kejanggalan lainnya, Anda perlu waspada, Kadang, situs palsu mirip seperti aslinya. Tergantung dari seberapa canggih kriminal ini membuatnya. Hyperlink sering mempunyai kesalahan, namun tautan tersebut bisa juga terlihat asli dan membawa siapapun ke laman yang berbeda, meniru situs yang aslinya, Untuk melindungi data dan finansial, pastikan selalu check out atau log out dari akun pembayaran. Selain itu, gunakan solusi keamanan terpercaya yang dapat membantu memeriksa keamanan URL yang dikunjungi.

“Produk keamanan ini juga dapat membantu Anda mengakses situs apapun dalam mode perlindungan untuk menghindari pencurian data pribadi, termasuk detail finansial,” pungkasnya.

 

Share :

Baca Juga

kpk1

Headline

KPK Bidik Sejumlah Pihak di Setneg Terkait kasus PTDI
Ridwan 2

Headline

Basa Basi Berantas Korupsi Ala Pemerintahan Jokowi
CollageMaker 20210426 155625773 copy 768x768

Headline

Pangkoarmada I Hadiri Shalat Ghaib dan Doa Bersama Untuk ABK KRI Nanggala-402
Mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari

Headline

Terungkap, Rita Disuruh Azis Berbohong Kepada Penyidik KPK
KATARAK

Headline

Peringati HUT TNI Ke-74, TNI Gelar Baksos Operasi Katarak Dan Bibir Sumbing
palu sidang

Headline

Terkait Tanah Munjul, Mantan Dirut BUMD Sarana Jaya Divonis 6,5 Tahun Penjara
desa di Bali edit

Headline

BPBD Se-Provinsi Bali Siap Sukseskan GPDRR Tahun 2022
Rany Mauliani edit

Hukum

Optimalkan Penegakkan Hukum, Untuk Memaksimalkan Perlindungan Anak