Home / Infrastruktur / daerah / Headline / Sosial-Budaya

Senin, 13 Juni 2022 - 12:29 WIB

Rehab 160 RTLH di Sukabumi Di Bantu Pemprov Jabar

NasionalPos.com, Sukabumi- Sebanyak 160 rumah tidak layak huni (RTLH) di empat kelurahan di Kota Sukabumi, mendapatkan bantuan program rehabilitasi dari Pemerintah Provinsi Jabar. Mereka yang mendapat RTLH ini erupakan fakir miskin yang masuk dalam data terpadu penanganan fakir miskin dan orang kurang mampu, belum pernah mendapatkan bantuan program rumah sehat atau rehabilitasi RTLH.

“160 rutilahu(RTLH) yang mendapatkan bantuan rehabilitasi dari Pemprov Jabar ini sebelumnya sudah didaftarkan oleh pihak RT dan RW ke kelurahan,” kata Kepala Seksi Perumahan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi Yusuf Chaery, Senin, 13 Juni 2022 di Kantornya

Dia menyebut, 160 RTLH yang menjadi sasaran program itu, tersebar di Kelurahan Subang Jaya dan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, dan Kelurahan Cikundul, dan Kecamatan Lembursitu, sesuai Peraturan Menteri Sosial Nomor 6 Tahun 2021, warga yang berhak mendapatkan bantuan program tersebut, merupakan fakir miskin yang masuk dalam data terpadu penanganan fakir miskin dan orang kurang mampu, belum pernah mendapatkan bantuan program rumah sehat atau rehabilitasi RTLH.

Baca Juga  AHY Sebut Ada Nuansa Ateistik dan Sekularistik Dalam RUU HIP

Selain itu, memiliki KTP dan Kartu Keluarga, rumah yang dibangun di atas tanah milik pribadi dengan pembuktian baik berupa sertifikat, girik ataupun surat keterangan kepemilikan yang keluarkan camat selaku pejabat pembuat akta tanah, Kondisi rumah yang berhak menerima bantuan rehabilitasi tersebut, dinding atau atap yang rusak, terbuat dari bahan yang mudah rusak, lantainya terbuat dari tanah, papan, bambu, semen atau keramik yang rusak, dan tidak memiliki tempat mandi, cuci, dan kakus (MCK),Adapun besaran bantuan tahun ini mengalami kenaikan menjadi Rp 20 juta/unit. Saat ini tahapan verifikasi tengah dilaksanakan di Pemprov Jabar, setelah dilakukan validasi data dari setiap kelurahan. Diharapkan proses pelaksanaan rehabilitasi bisa dilaksanakan mulai Juli.

Baca Juga  Pasar Murah di TTIC, Dipastikan Mentan SYL, Digelar Secara Rutin

“Kami Menghimbau agar masyarakat atau tetangga penerima manfaat membantu proses pembangunannya sehingga pelaksanaan bisa berjalan lancar dan optimal, serta penerima bantuan  bisa memiliki rumah layak huni, dalam hal bantuan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jawa Barat”pungkas Yusuf. (*red)

Share :

Baca Juga

Ambroncius Nababan

Headline

Ambroncius Diperiksa Polisi, Mengaku Tak Rasis
CORONA

Headline

Dinkes Pemkot Solo Kritik Kemenkes Soal Praktik Rutin Selama Pandemi Virus Corona
Presiden Brasil Jair Bolsonaro

Headline

Terjatuh, Presiden Brazil Sempat Amnesia
demo omnibus law

Headline

DPR Dianggap Cepat Merespon RUU Omnibus Law Yang Ditolak Masyarakat
IMG 20210623 WA0289 copy 640x426

Headline

Jelang Latihan Puncak TNI AL, Marinir Gelar Apel Kesiapan
Moeldoko

Headline

Ini Reaksi Moeldoko Soal Isu Dirinya Ingin Rebut Demokrat
Kejagung

Headline

Gedung Kejagung Terbakar, Ruang Pembinaan Hingga Intelijen Ikut Dilalap Api
waspda MK

Sosial-Budaya

Potret Problematika dan Solusi Anak di Negeri Pancasila