Home / HanKam / Top News

Jumat, 25 Februari 2022 - 22:28 WIB

Wakasal Dampingi Menko Marvest Tinjau INAP

NasionalPos.com,Jakarta – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Republik Indonesia Luhut Binsar Panjaitan dalam kunjungan kerja Indonesian Naval Aquagriculture Program (INAP), bertempat di Pantai Pebuahan, Banyu Biru Kec. Negara, Kab. Jembrana, Bali, Jumat (25/02/2022).

Program INAP merupakan kolaborasi antara TNI AL, Pemerintah Daerah (Pemda), Ahli dan pihak swasta yang berfokus pada budidaya hasil laut seperti udang, lobster, ikan kerapu dan lain sebagainya. Namun untuk saat ini pelaksanaan program INAP akan lebih difokuskan pada pengembangan budidaya Udang Vaname dengan menggunakan teknologi terbaru karya anak bangsa yang hanya ada di Indonesia.

Kegiatan yang turut dihadiri Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Haeru Rahayu, Wakil Gubernur Provinsi Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Danlanal Denpasar Kolonel Marinir Dewa Nyoman Gede, Dr. Joe Corleon, serta para Forkopimda wilayah Denpasar.

Baca Juga  Hadir di Tengah Kesulitan Masyarakat, Satgas Yonif 126/KC Obati Warga di Perbatasan

Dalam sambutannya Wakasal menyampaikan bahwa program INAP akan bekerjasama dengan perusahaan daerah dan memanfaatkan UMKM setempat. “Kedepannya proyek ini akan memanfaatkan perusahaan daerah baik dari segi angkutan maupun produksi serta akan memanfaatkan UMKM masyarakat setempat,” ujar Wakasal.

Wakasal menambahkan bahwa kegiatan program INAP ini akan berlanjut dan rencana, bahkan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono akan mencanangkan kegiatan INAP ini di setiap Lantamal, Lanal, Pasmar maupun Brigif yang mempunyai lahan dan bisa bekerjasama dengan Pemda dengan target minimal 100 INAP bahkan sampai 1000 INAP. Saat kunjungan Menparekraf RI Bapak Sandiaga Uno ke INAP bertepatan saat peresmian INAP di Bali oleh Kasal pada hari Rabu (23/02) menyampaikan bahwa rencana kedepan INAP akan dikembangkan sebagai wisata edukasi.

Baca Juga  Instead of a Sports Fan, Become a Sports Participant

Sementara itu, Menko Marvest dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI AL dan penemu teknologi Dr. Joe Corleon atas pembangunan INAP yang membawa dampak positif bagi masyarakat untuk melibatkan mereka dalam UMKM. “Terimakasih kepada TNI AL dan Dr. Joe Corleon atas ide dan teknologi yang sangat bagus serta program INAP dapat melibatkan UMKM masyarakat sekitar, menurut saya ini hal yg sangat bagus karena UMKM merupakan hal yang wajib untuk masyarakat serta merupakan ekonomi yang kuat,” ujar Bapak Luhut.

Selama kunjungannya di INAP I, Wakasal dan Menko Marvest serta pejabat terkait lainnya melaksanakan penaburan benur udang Vaname dan melakukan peninjauan untuk melihat secara langsung teknologi terbaru budidaya Udang Vaname dengan air laut di daratan ini.(*)

Share :

Baca Juga

Annas Maamun

Headline

Gerindra Tegaskan Pemberian Grasi Terpidana Korupsi Harus Punya Alasan Kuat
pasien corona

Headline

Update Corona (25/4/2020) Jumlah Pasien Positif 8.607 Orang Dan Meninggal Menjadi 720 Orang
IMG 20220530 WA0207 copy 395x296

HanKam

Upacara Bendera Sekaligus ajang Perkenalkan Dirdik Seskoal yang Baru
Edhy Prabowo

Headline

Novel Pimpin Penangkapan Menteri KKP, Ini Kronologinya
virus corona 4

Headline

Update Data Corona (8/12/2020) Jumlah Pasien Positif 592.900 Orang dan Meninggal 18.171 Orang
tenda krendang

Megapolitan

Andre Ravnic, Lurah Krendang Harus Dicopot
Jokowi

Headline

Jokowi Perintahkan Penyaluran BLT Disederhanakan
Yayasan Raden

Headline

Tasyakuran HUT ke – 2, Yayasan Raden Edukasi Bahaya Narkoba kepada Anak Jalanan