Home / Ekonomi

Senin, 14 Februari 2022 - 23:29 WIB

Buruh Desak Jokowi Cabut Permenaker Tentang JHT

NasionalPos.com, Jakarta – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencabut Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT).

Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 mengganti aturan pembayaran manfaat JHT bagi buruh yang terkena PHK atau mengundurkan diri. Beleid ini sekaligus mencabut aturan sebelumnya, Permenaker Nomor 19 Tahun 2015 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua.

“KPSI dalam waktu dekat akan mengirim surat kepada Pak Jokowi agar mempertimbangkan kembali seperti Permenaker Nomor 19 Tahun 2015. Lalu, mencabut Permenaker Nomor 2/2022,” kata Presiden KSPI dalam keterangannya, Senin (14/2/2022).

Baca Juga  Mahfud Janji Usut Tuntas Dugaan Korupsi Satelit Kemenhan

Untuk itu, Ia menuntut pemerintah untuk mengembalikan aturan sebelumnya karena masih maraknya PHK akibat pandemi covid-19, terutama di sektor manufaktur. Ia menilai kalau membatasi penarikan dana pada usia 56 tahun, maka buruh yang terkena PHK tidak memiliki penyangga (buffer).

Menurutnya, lewat aturan itu, JHT buruh yang terkena PHK saat berusia 30 tahun baru bisa diambil setelah 26 tahun kemudian atau ketika usianya sudah mencapai 56 tahun.

Baca Juga  Pencabutan Perda Nomor 1 Tahun 2014 Disetujui Bapemperda DPRD DKI

“Pemerintah sepertinya tidak bosan menindas kaum buruh,” tandas Iqbal.

Iqbal meljelaskan dalam aturan sebelumnya, Presiden Jokowi memerintahkan Menaker untuk membuat aturan agar JHT buruh yang ter-PHK dapat diambil setelah satu bulan di PHK

“Permenaker ini menjilat ludah sendiri dari kebijakan Presiden Jokowi dalam upaya membantu buruh yang terkena PHK, yang kehilangan pendapatan agar bisa bertahan hidup dari JHT yang diambil 1 bulan setelah PHK,” katanya.

Kalau tuntutan itu tak didengarkan Kementerian Ketenagakerjaan, ia mengatakan KSPI bersama Partai Buruh akan berunjuk rasa. (*)

 

Share :

Baca Juga

Bank Indonesia

Ekonomi

BI Catat Pekan Ini Aliran Modal Asing Rp7,55 Triliun
bi bitcoin

Ekonomi

BI : Bitcoin Bukan Alat Pembayaran yang Sah
IMG 20220923 WA0004

Ekonomi

Sekjen MUI Ajak Semua Pihak Perkuat Industri Keuangan Non Bank
IHSG

Ekonomi

IHSG Melorot dari Level 6.000
Perpu Perpajakan sri mulyani

Ekonomi

Perppu Pajak Disahkan Menjadi Undang-undang
Haeyadi Sukamdani

Ekonomi

Blak-Blakan Pengusaha Hanya Bisa Bertahan Hingga Juni 2020
pajak

Ekonomi

846 Industri Kecil Dapat Insentif Diskon PPh
Haji

Ekonomi

Pemerintah Buka Penerbangan Umroh Mulai 1 November 2020