Home / Nasional / daerah

Senin, 11 Juli 2022 - 20:20 WIB

Cimahi Kasus DBD Tembus 300 Orang Lebih

NasionalPos.com,Cimahi — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi meminta masyarkat tetap waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dangue (DBD). Sebab, wabah tersebut masih menjadi ancaman nyata.

Berdasarkan data Dinkes Kota Cimahi, hingga Mei 2022 saja tercatat sudah ada 380 orang warga Kota Cimahi yang terkena demam berdarah. Kasus tersebut tersebar di kelurahan se-Kota Cimahi.

“Penyebaran kasus paling tinggi Kelurahan Cibabat 82 kasus dan Kelurahan Cigugur Tengah 60 kasus. Total kasus 380 kasus,” terang Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinkes Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini pada Senin (11/7/2022).

Baca Juga  Jaksa Agung Perintahkan Anak Buah Pidankan Para Penimbun Masker dan Sembako

Dengan dengan banyaknya kasus DBD ditengah pandemi Covid-19 berkepanjangan, pihaknya meminta masyarakat untuk tetap waspada. Apalagi, Kota Cimahi merupakan daerah endemis DBD, yang artinya selalu ada temuan setiap tahunnya.

Gedung Pemkot Cimahi 2

Pencegahan, kata Dwihadi, bisa dilakukan oleh masyarakat dimulai dari rumah dan lingkungan masing-masing. Masyarakat bisa melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan menjalankan Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik, yang bertugas untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di rumahnya masing-masing.

Pencegahan Kasus DBD

Jentik nyamuk biasanya berkembangbiak dalam genangan-genangan air. Menurutnya, jika masyarakat menjalankan PSN di rumahnya masing-masing, seperti tidak membiarkan adanya genangan air, kasus DBD pun bisa dicegah.

“Bukan cuma rumah, tapi juga di halaman sekitar rumah. Soalnya saat ini kalau bukan kita sendiri (melakukan PSN), enggak akan ada yang meriksa. Jadi periksa jentik di rumah sendiri,” imbuh Dwihadi.

Baca Juga  Kabais TNI Kini Dijabat Letjen TNI Joni Supriyanto

Sementara untuk fogging, lanjut Dwihadi, akan dilakukan setelah adanya laporan kasus yang ditindaklanjuti dengan assment. Fogging sendiri hanya ampih untuk membunuh nyamuk dewasa.

“Untuk fogging eketif untuk membunuh nyamuk dewasa, tapi jentik dan telur nyamuk harus dengan PSN dan sebagainya,” pungkasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Yasonna Laoly 1

Nasional

Menkumham Tolak Usul KPK Pindahkan Napi Koruptor ke Nusakambangan
Achmad Yurianto

Headline

Update Corona (14/4/2020) Jumlah Pasien 4.839 Orang Dan Meninggal Menjadi 459 Orang
AKSI

Headline

Aliansi Nelayan TanjungBalai Melakukan Aksi Menolak Beroperasinya Pukat Tarik
Bamsoet 3

Hukum

Bamsoet Minta Pemilihan Pimpian KPK Dilakukan Anggota DPR Periode 2014 – 2019
persawahan di desa Jiwa Baru

Nasional

Sejahterakan Warganya, Pemdes Jiwa Baru, ubah SDA Jadi Destinasi Wisata
MUI

Headline

MUI Keluarkan Fatwa Sholat Idul Fitri Boleh Di Rumah
pasien corona

Headline

Update Data Corona (21/7/2021) Jumlah Pasien Positif 2.983.830 Orang dan Meninggal 77.583 Orang
peta corona

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Kamis (25/6/2020)