Home / Headline / Nasional / Sosial-Budaya

Jumat, 20 Mei 2022 - 21:27 WIB

Dukung GPDRR 2022, BPBD Provinsi Bali Siagakan Tiga Posko Satgas Evakuasi

NasionalPos.com, Badung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali menyiagakan tiga Posko Satuan Tugas (satgas) Evakuasi guna mendukung perhelatan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) pada 23-28 Mei 2022 di Nusa Dua, Bali. Adapun tiga lokasi posko itu masing-masing berada di Puja Mandala, Hotel Renaissance dan Hotel Kimtom, bahwa tiga posko itu didirikan sebagai antisipasi dari potensi bencana alam, khususnya gempa bumi dan tsunami selama perhelatan GPDRR 2022 berlangsung, demikian disampaikan  Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Bali I Nyoman Swanjaya kepada pers di Posko Mandala, Badung, Bali, Jumat (20/5/2022).

“Posko ini dibentuk sebagai antisipasi apabila terjadi darurat bencana alam pada saat GPDRR 2022 berlangsung, maka kami akan mendukung bersama TNI dan Polri untuk proses evakuasi,” ungkap Swanjaya

Baca Juga  Jadikan Kekuatan Ekonomi Terbesar ke-5 Dunia, ASEAN Eratkan Kerja Sama Strategis dengan Italia

posko BPBD ke 2 edit

Menurut Swanjaya, tiga titik posko utama itu juga akan didukung beberapa hotel dan tempat publik sebagai lokasi evakuasi. Adapun dari Posko Satgas Evakuasi Puja Mandala ada 18 hotel dan tempat publik yang disiagakan sebagai lokasi evakuasi. Kemudian untuk Posko Satgas Evakuasi Hotel Renaissance ada 12 hotel dan tempat publik yang akan menampung evakuasi warga maupun peserta GPDRR 2022 apabila bencana alam terjadi. Selanjutnya Posko Satgas Evakuasi Hotel Kimtom akan didukung 9 hotel sebagai tempat evakuasi.

” Bahwa pemilihan lokasi ketiga posko satgas evakuasi itu atas dasar rekomendasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang ditetapkan sebagai wilayah yang aman dari potensi ancaman bencana gempabumi dan tsunami.”jelas Swanjaya

Melalui simulasi yang dilakukan pada beberapa hari sebelumnya, tim BPBD Provinsi Bali mencatat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk evakuasi dari lokasi venue GPDRR 2022 dari tiap-tiap lokasi evakuasi hanya memakan waktu kurang lebih 5-20 menit. Dari hasil simulasi itu, Swanjaya dan segenap komponen yang terlibat dalam upaya pengurangan risiko bencana saat perhelatan GPDRR 2022 optimis bahwa segala risiko terkecil sudah diantisipasi dengan baik dan terstruktur, Sesuai rekomendasi BMKG bahwa daerah ini aman, akan tetapi pihaknya sudah melaksanakan simulasi evakuasi bencana yang dipimpin oleh Kodam IX/Udayana, sedangkan dari BPBD bertugas membantu evakuasi masyarakat.

Baca Juga  Raperda Hak Penyandang Disabilitas,Rampungkan Pembahasaan 110 Pasal dari 149 Pasal

“Kami berharap semua merasakan aman dan nyaman, sehingga gaung perhelatan GPDRR 2022 di Bali akan sukses dan terselenggara dengan baik,” pungkas Swanjaya. (*dit)

 

 

Share :

Baca Juga

BLT

Ekonomi

H-2 Idul Fitri, Penyaluran BLT Dana Desa Baru Sekitar 31 Persen
Lions Club

Headline

Lions Club dan Pemkot Jaksel Gelar Bazar
Moeldoko

Headline

Demokrat Kubu Moeldoko Gugat Yasonna
virus corona

Headline

Update Data Corona (4/7/2021) Jumlah Pasien Positif 2.284.084 Orang dan Meninggal 60.582 Orang
86724a63 c160 4827 9517 f8875ad68d94

Headline

Sat Lantas Polres Tanjungbalai kembali melakukan sosialisasi dalam berlalulintas Terutama Penggunaan Helm SNI.
virus corona 2

Headline

Update Data Corona (5/10/2021) Jumlah Pasien Positif 4.221.610 Orang dan Meninggal 142.338 Orang
kaspersky dan dugaan penipuan edit

Ekonomi

Ditemukan Kejahatan Siber Baru Bermodus Penipuan dengan Janji Hadiah Bitcoin
presiden Jokowi lepas bantuan

Headline

Bantuan Kemanusiaan untuk Pakistan, Dilepas Presiden Joko Widodo