Home / Megapolitan

Senin, 3 Januari 2022 - 20:35 WIB

Dinas Dukcapil dan Kanwil Kemenag DKI Luncurkan Program Layanan Terintegrasi

NasionalPos.com,Jakarta– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta terus melakukan terobosan untuk memberikan layanan terbaik kepada warga. Salah satunya adalah membangun layanan terintegrasi catatan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) melalui aplikasi Sakinah.

 Pelayanan terintegrasi pencatatan pernikahan melalui aplikasi Saqinah ini, ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama Dinas Dukcapil dengan Kanwil Kemenag DKI Jakarta, Senin (3/1) di aula Kanwil Kemenag DKI di Jl DI Panjaitan, Jatinegara, Jakarta Timur.

Dalam kegiatan ini, secara simbolis Asisten Pemerintahan Pemprov DKI, Sigit Widjatmoko, menyerahkan dokumen kependudukan berupa KTP, KK dan buku nikah, kepada pasangan suami isteri yang baru menikah.

Budi Awaludin, Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta menyatakan, dengan aplikasi Sakinah ini warga yang melangsungkan pernikahan di KUA bisa langsung mendapatkan buku nikah, KK dan e -KTP yang sudah berubah statusnya. Mereka tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil untuk merubah statusnya.

Baca Juga  Ketua DPRD DKI Dinilai Konyol dan Naif Menyikapi Formule E

“Layanan terintegrasi ini sudah satu paket. Sehingga mereka tidak perlu datang ke Dinas Dukcapil untuk mengurus dokumen kependudukannya usai menikah,” papar Budi.

Untuk tahap awal, ungkap Budi, ada 10 KUA di lima wilayah kota yang melaksanakan program layanan terintegrasi ini. Di wilayah Jakarta Timur ada di KUA  Kecamatan Duren Sawit dan Jatinegara.

Kemudian Jakarta Selatan di KUA Kecamatan Setibudi dan Kebayoran Lama, Jakarta Utara di Kecamatan Tanjung Priok dan Cilincing, Jakarta Barat di Palmerah dan Kembangan serta Jakarta Pusat di KUA Kecamatan Menteng dan Kemayoran.

Baca Juga  Penyerahan Senjata Api Rakitan jenis Lantak Kepada Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 645/GTY

“Ditargetkan pada awal Februari mendatang seluruh KUA Kecamatan di DKI sudah menerapkan program layanan terintegrasi ini,” ucap Budi.

Kepala Kanwil Kemenag DKI, Cecep Khairul Anwar, mengucapkan terima kasih pada Dinas Dukcapil DKI yang telah menjalin kerja sama ini, dalam rangka memberikan layanan publik yang baik, optimal dan prima.

“Dengan adanya  integrasi ini maka kita bisa berikan layanan prima kepada warga,” kata Cecep.

Untuk perubahan status warga yang baru menikah, ungkap Cecep, pihaknya membutuhkan waktu maksimal tiga hari untuk proses data kependudukannya.  (beritajakarta)

 

Share :

Baca Juga

anies di tengah banjir

Headline

Ini Langkah Anies Antisipasi Banjir Ibukota
Bamus DPRD DKI Jakarta edit

Megapolitan

Pembentukan Pansus Kekhususan Jakarta, di Sepakati Bamus DPRD
84176ec1316221fef22e172ad3b5b3f4

Megapolitan

292 Bus Program Mudik Gratis Diberangkatkan dari Terminal Pulo Gebang
kebakaran di jemabatan lima

Megapolitan

Si Jago Merah Melalap Sembilan Rumah di Jembatan Lima Jakarta Barat
290ee3a8 6cdd 4b5d 88f1 683509b691a5

Megapolitan

MUI Jakbar Jadi Motor Perekat Persatuan Ulama, Umat Lintas Agama dan Tiga Pilar
c6a95adf45dbd53d458c169889390787

Megapolitan

Dermaga Sisi Timur Pulau Untung Jawa Dipercantik
6cb2aebab670bf53bc439509e579178d

Megapolitan

PT Transjakarta Canangkan Program Mikrotrans AC dalam Sistem Integrasi JakLingko
Uchok Sky Khadafi

Megapolitan

Janji Anies – Sandi Untuk Hapus Lelang Konsolidasi Dianggap Hoaks