Home / Internasional

Jumat, 25 Maret 2022 - 21:43 WIB

Menlu China Temui Menlu Taliban

NasionalPos.com, Jakarta – Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, bertemu dengan Taliban di Kabul, Afghanistan, pada Kamis (24/3/2022). Ini merupakan kali pertama Wang ke Afghanistan usai Taliban berkuasa.

Reuters melaporkan, Wang bertemu dengan Menteri Luar Negeri Afghanistan, Amir Khan Muttaqi, untuk membahas hubungan politik dan ekonomi.

Pembicaraan dalam pertemuan itu mencakup sektor pertambangan dan kemungkinan peran Afghanistan dalam infrastruktur Belt and Road China.

“Menteri Muttaqi menambahkan bahwa keamanan yang dijamin [pemerintah] baru meletakkan dasar bagi investasi asing di Afghanistan, termasuk untuk China,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan, Abdul Qahar Balkhi.

Baca Juga  Mantan Presiden Prancis : Teroris Bukan Muslim

Menurut Balkhi, investasi ini “menjamin kepentingan mereka [China] selain bekerja sama dengan Afghanistan dalam pertumbuhan ekonomi dan stabilitas dengan dukungan penuh dari pemerintah baru.”

Wang berkunjung ke Afghanistan ketika Taliban sedang dihujani kecaman global karena melarang anak-anak perempuan bersekolah.

Keputusan ini diumumkan hanya berselang sepekan setelah Taliban menyatakan bakal membuka lagi sekolah untuk perempuan.

Dengan kunjungan Wang ini, China menjadi salah satu dari segelintir negara yang telah mengirimkan pejabat setingkat menteri ke Afghanistan sejak Taliban mengambil alih negara itu pada Agustus 2021.

Baca Juga  Berikan Pelayanan Kesehatan, Satgas Yonif 126/KC Obati Anak di Perbatasan Papua

Pemerintah asing, termasuk China, menahan diri untuk mengakui pemerintahan Taliban. Menurut mereka, Taliban perlu membuktikan komitmennya terhadap persoalan HAM, kontra-terorisme, dan pemerintahan yang inklusif.

China sendiri akan menjadi tuan rumah pertemuan para menteri luar negeri kawasan akhir bulan ini. Dari hasil pertemuan Wang kali ini, Muttaqi dipastikan akan turut berpartisipasi dalam pertemuan itu.

Di hari yang sama, Kementerian Luar Negeri Afghanistan mengungkapkan, Utusan Khusus Rusia untuk Afghanistan, Zamir Kabulov, ke Kabul dan bertemu dengan Muttaqi untuk membahas relasi politik dan ekonomi. (CNN Indonesia.com/nto)

Share :

Baca Juga

inti bumi 181019152212 641

Internasional

Jantung Bumi Kemungkinan Lebih Lunak
Donald Trump

Headline

Meski Belum Ada Hasil, PM Slovania Ucapkan Selamat Kepada Trump
fde23477 ebea 4bf6 869e 9741f9f98a56 169

Headline

ASEAN Harus Menggelar Untuk Galang Dukungan Anggota tak Terlibat Sengketa LCS
Hacker china

Headline

AS Tuding Hacker China Mencuri Data Penelitian Covid-19
wni kamboja edit

Hukum

62 WNI Korban Penyekapan di Kamboja, Berhasil Diselamatkan
ddf27c38 25e5 4824 b89f e979b73f7b22 169

Headline

Dalam Dua Ledakan Dahsyat di Filipina 40 Terluka Dan 11 Tewas
deklarasi kami di tugu proklamasi 4 169

Headline

Kedubes Palestina Menegaskan Kehadiran di Deklarasi KAMI
Kim

Headline

AS Bersama Jepang dan Korsel Mau Lucuti Nuklir Korut