Home / Headline / Ekonomi / Megapolitan

Sabtu, 19 November 2022 - 19:38 WIB

Penghargaan Pengawasan Kearsipan Tahun 2022 Diraih Bank DKI

NasionalPos.com, Jakarta– Bank DKI berhasil meraih penghargaan sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dengan Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2022 Kategori Sangat Baik, Penghargaan ini diterima Bank DKI atas kinerja baik dalam pengelolaan arsip di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, demikian disampaikan Direktur Utama Bank DKI, Fidri Arnaldy kepada awak media, Sabtu 19/11/2022 di Jakarta

“Terima kasih dan apresiasi atas penghargaan yang diterima Bank DKI, penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi kepada Bank DKI perihal pengelolaan arsip secara tertib dan profesional sebagai wujud penerapan tata kelola perusahaan yang baik.”ucap Fidri.

Fidri juga menjelaskan, penghargaan ini diberikan didasari hasil penilaian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta selaku Lembaga Kearsipan Daerah terhadap penyelenggaraan kearsipan meliputi, aspek penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip, penyusutan arsip, SDM kearsipan dan sarana prasarana Kearsipan, sejumlah langkah yang telah dilakukan Bank DKI dalam pengelolaan arsip antara lain, dengan melakukan alih media dokumen fisik ke dalam bentuk digital serta menyiapkan tempat khusus untuk penyimpanan dokumen arsip.

Baca Juga  Kasum TNI Buka Rakor Bidang Operasi Tahun 2020

“Selain itu, secara berkala Bank DKI juga melakukan sosialisasi kepada satuan kerja dalam hal pengelolaan arsip sebelum dikirim ke tempat penyimpanan akhir arsip,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat terpisah, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menyatakan, pentingnya pengelolaan arsip menjadi salah satu upaya Bank DKI dalam penerapan Good Corporate Governance (GCG). Dokumen penting dalam administrasi perbankan dari berbagai satuan kerja di Bank DKI dianggap perlu dijaga dengan standar keamanan yang mumpuni pada gudang arsip.

Baca Juga  Ratas Bersama Presiden Soal Angkutan Massal Perkotaan Dihadiri PJ Gubernur

“Sehingga apabila dibutuhkan, dokumen tersebut masih dapat diakses dengan mudah,” ucapnya.

Ia menambahkan, Bank DKI akan terus berkomitmen melakukan penyelenggaraan sesuai kaidah kearsipan dari hulu ke hilir serta meningkatkan upaya alih media untuk arsip fisik agar mudah diakses.

“Kami juga secara berkala melakukan sosialisasi kepada satuan kerja di Bank DKI, terutama kantor cabang melalui program  Bersih, Indah, Nyaman, Aman dan Rapi (Bersinar) sebagai bentuk meningkatkan pentingnya kesadaran akan arsip,” pungkas Arie. (*dit)

 

Share :

Baca Juga

Prabowo dan SBY

Megapolitan

Prabowo Pastikan Akan Bertemu SBY
yani walikota Jakbar

Headline

Pemkot Jakbar Perkuat Sinergisitas Untuk Penataan Kawasan
Asabri

Headline

3 Purn Pati TNI dan Polri Diperiksa Kejagung Terkait Kasus ASABRI
jokowi divaksin 2

Headline

Jokowi Minta Vaksinasi Per Klaster

Megapolitan

Ratusan Warga Tak Bisa Gunakan Hak Pilih, KPPS Harus Dipecat
Ariza

Headline

Wagub DKI Riza Harap Risma Blusukan Bukan Hanya di Ibukota
IMG 20220331 WA0480 copy 359x269

Ekonomi

Jelang Ramadhan, Ketersediaan Daging Sapi, Ayam dan Telur di Jatim Terpantau Aman
tokopedia bukalapak shopee

Ekonomi

Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia Masuk Pengawasan AS