Home / Nasional / daerah

Jumat, 15 Juli 2022 - 22:41 WIB

Pusat dan Daerah Akan Menghentikan Siaran Analog

NasionalPos.com,Jabar – Pemerintah Pusat berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah guna menyukseskan analog switch off (ASO) atau penghentian siaran analog secara menyeluruh hingga 2 November 2022. Sejumlah langkah ditempuh, mulai dari sosialisasi ASO, pendataan warga yang berhak menerima set top box (STB), hingga distribusi STB ke rumah-rumah warga.

Direktur Pengembangan Pita Lebar Kemkominfo Marvel P Situmorang mengatakan, pemerintah saat ini menetapkan multiple ASO, yaitu ASO dalam tiga tahap. Tahap pertama pada 30 April 2022 kemudian ASO kedua 25 Agustus, dan terakhir 2 November 2022.

Dalam setiap tahapnya, ada beberapa parameter untuk menjalankan ASO, seperti kesiapan infrastruktur, program siaran harus dipastikan pindah ke digital, sosialisasi, dan ekosistem kesiapan masyarakat yaitu keluarga miskin yang harus diberikan bantuan STB.

Dalam perjalanannya, kata Marvel, dari 514 kota/kabupaten di Indonesia, hanya 341 kota/kabupaten yang terdampak ASO.

Kota/kabupaten lainnya tidak terdampak karena tidak memenuhi kriteria ASO di antaranya wilayahnya tidak tercover siaran analog, banyak yang tidak memiliki televisi, masih banyak blankspot dan memanfaatkan televisi berlangganan.

“Dari soal data pun kami perlu melakukan kompilasi dengan Kementerian Sosial untuk mendapatkan figur atau agregat berapa jumlah warga miskin yang harus dibantu STB. Namun, Presiden mengamanatkan agar tidak bertumpu pada DTKS (Kemensos), maka kita bersama Kemendagri menggunakan data P3KE atau Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem,” kata Marvel pada Talkshow Role Model Sosialisasi ASO dan Penyerahan Bantuan STB yang dilaksanakan secara hybrid di Kabupaten Pangandaran, Jumat (15/7/2022).

Baca Juga  Bamsoet Ungkap Alasannya Mundur Dari Caketum Golkar

Menurut dia, sesuai dengan radiogram Kemendagri, data calon penerima STB yang diberikan Dirjen Disdukcapil akan divalidasi berjenjang dari pemerintah desa sampai bupati. Dia mengharapkan dalam waktu empat bulan atau sebelum 2 November urusan ASO dan distribusi STB tuntas.

“Mudah-mudahan minggu depan mulai didistribusikan itu wilayah Jabodetabek. Kemudian diikuti ibu kota provinsi seperti Kota Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Denpasar. Sembari menunggu data, kami gunakan data P3KE,” tutur Marvel.

Tiga Strategi Sosialisasi Pemerintah Pusat dan Daerah

Pada kesempatan yang sama, Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang IKP Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, proses penghentian siaran analog 2022 ini ditempuh dengan tiga strategi sosialisasi untuk meningkatkan awareness terkait penghentian siaran analog.

Yang pertama, above the line melalui diseminasi informasi dengan menggandeng media mainstream dan lembaga penyiaran publik, komunitas, media mainstream untuk sosialisasi. Kemudian through the line memanfaatkan media sosial dan artis Agnes Monica. Terakhir below the line komunikasi langsung dengan masyarakat melalui pertunjukan virtual, hybrid, webinar, dan media luar ruang.

Baca Juga  Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Divonis 1 Tahun Penjara

“Jadi semua kita gandeng untuk sosialisasi ini. Hasilnya berdasarkan riset saat ini kesiapan masyarakat untuk kesiapan digital 78,9 persen. Jadi kami optimistis masyarakat bisa beralih,” katanya.

Kepala Diskominfo Jabar Ika Mardiah menambahkan, Pemda Provinsi Jabar siap mendukung proses ASO di Jabar yang saat ini telah berjalan.

“Proses ASO sudah ada timeline-nya kami ingin ada kisah sukses dari Jabar dan Jabar dapat jadi role model ASO dan pendistribusian STB,” ucapnya.

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar Adiyana Slamet menuturkan, pihaknya turut melakukan sosialisasi penghentian siaran analog dan telah menjangkau 38 titik di Jabar bersama dua perguruan tinggi di Jabar.

“ASO ini tidak hanya sekadar masalah penyiaran, bukan hanya soal kualitas gambar. ASO ini ada imbas pada sektor ekonomi digital terlebih menyukseskan Jabar yang telah mendeklarasi provinsi digital,” ucapnya.

“Ini jadi catatan penting kenapa KPID turut mendukung kebijakan yang sangat strategis,” imbuhnya.(*)

Share :

Baca Juga

beras

Ekonomi

Utang Numpuk, Bulog Jual Beras ke TNI/Polri dan ASN
40190a3d 671d 435d 8752 015931f73533

Nasional

Selaraskan Transformasional Dengan Semangat Primordialisme Dalam Mencetak Generasi Milineal Berbasis STEM di ITL Trisakti”
antigen 1

Headline

Tes Swab Antigen Usai Libur Idul Fitri, Prajurit Kolinlamil Dinyatakan Negatif
Jokowi 3

Headline

Presiden : Suhu Tinggi Perpendek Usia Covid-19
Uang Emas

Nasional

Polsek Tanjung Balai Utara Tangkap Pencuri Spesialis Perhiasan
peta corona

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Minggu (9/8/2020)
Bamsoet 3

Ekonomi

DPR Berkeras Revisi RUU Pemisahan Dirjen Pajak dari Kemenkeu
Menyoal Hepatitis Akut Emil Minta Warga Tak Panik

Nasional

Menyoal Hepatitis Akut, Emil Minta Warga Tak Panik