Home / Megapolitan / Headline / Infrastruktur

Selasa, 12 Juli 2022 - 09:31 WIB

Wajah Baru Pelabuhan Muara Angke, Usai Direvitalisasi

Nasionalpos.com, Jakarta – Wajah Pelabuhan Muara Angke, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara kini berubah dengan tampilan lebih modern dan makin tertata rapi setelah direvitalisasi, Berdiri di atas lahan seluas dua hektare, Pelabuhan Muara Angke saat ini hadir dengan berbagai fasilitas memadai yang memberikan kenyamanan penumpang.

Pantauan nasionalpos.com, yang langsung melihat di lapangan, nampak adanya  fasilitas yang disediakan di pelabuhan ini antara lain lahan parkir mobil dan motor luas, ruang tunggu dilengkapi pendingin ruangan, kantin atau pujasera dan taman. Tidak hanya itu, pelabuhan ini juga dibangun berkonsep ramah disabilitas dan lansia karena dilengkapi dengan lift dan travelator.

Pelabuhan Muara Angke merupakan satu-satunya pelabuhan Pemprov DKI Jakarta yang melayani warga dari daratan Jakarta menuju Kepulauan Seribu,  Pelabuhan ini direvitalisasi lantaran banyak bagian bangunan yang perlu perbaikan karena pengaruh usia. Selain itu, revitalisasi bertujuan menciptakan kenyamanan dan keamanan warga, khususnya penumpang yang hendak bepergian atau wisata ke Kepulauan Seribu, demikian disampaikan Kabid Pelayaran Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Leo Amstrong Manalu kepada nasionalpos.com, Selasa, (12/7/2022) di Jakarta.

Baca Juga  Pasokan dan Harga 12 Pangan Pokok di Aceh Aman Hingga Lebaran

“Bangunan lama dirobohkan kemudian kita bangun yang baru. Tinggi dasar bangunan kita naikkan 1-2 meter agar tidak tergenang kalau banjir rob. Parkir sistem gate dan jalur masuk keluar penumpang sudah diatur. Ada juga kantin tempat UMKM berjualan yang nyaman,” ucap Leo.

Pelabuhan Muara Angke lanjut Leo, memiliki kapasitas hingga 2.040 penumpang pasca direvitalisasi. Para penumpang yang dibolehkan masuk area pelabuhan hanya pemegang tiket perjalanan, saat ini, Dishub DKI Jakarta juga telah membangun pagar di area pelabuhan supaya steril. Hal ini berbeda dengan kondisi sebelum direvitalisasi, di mana pelabuhan tidak steril karena semua orang bisa masuk, Loket sementara ada dua yakni loket kapal Dishub dan loket gabungan dari pengusaha kapal ojek. Sekarang keliling pelabuhan sudah dipagar. Jadi yang bisa masuk harus yang sudah beli tiket, pembelian tiket di Pelabuhan Muara Angke sementara masih manual hingga sistem tiket secara online selesai dibangun pada Oktober 2022 mendatang.

Baca Juga  Wakasal Dampingi Menko Marvest Tinjau INAP

“Tahapannya pembangunan fisiknya dulu baru perangkat lunaknya. Sekarang lagi proses pembuatan aplikasi online. Paling lambat Oktober diharapkan selesai,” terangnya.

Leo berharap, dengan direvitalisasinya Pelabuhan Muara Angke ini, tingkat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kepulauan Seribu makin meningkat. Selain itu dapat menggerakkan perekonomian warga lokal dan para pelaku UMKM setempat.

“Selain sebagai bentuk pelayanan terbaik, revitalisasi ini juga dapat membentuk karakter masyarakat. Karena sekarang mereka dibiasakan melihat fasilitas pelayanan pelabuhan yang tertib,” pungkas Leo

Perlu diketahui, Pelabuhan Muara Angke memfasilitasi masyarakat yang akan bepergian dan berwisata ke Kepulauan Seribu dengan mudah.

Saat ini telah tersedia 13 kapal Unit Pengelola Angkutan Perairan Dishub DKI Jakarta di Pelabuhan Muara Angke yang siap mengantarkan warga ke destinasi tujuan sebagai berikut:

-Pulau Tidung.

-Pulau Untung Jawa.

-Pulau Pari.

-Pulau Lancang.

-Pulau Payung.

-Pulau Pramuka.

-Pulau Sabira.

-Pulau Kelapa.

-Pulau Panggang.

 

Share :

Baca Juga

Walikota dan Wakil Walikota Tegal

Headline

Walikota Tegal Polisikan Wakinya Soal Pencearan Nama Baik
APD corona

Headline

Update Data Corona (5/1/2021) Jumlah Pasien Positif 779.548 Orang dan Meninggal 23.109 Orang
RPTRA 1

Megapolitan

Di Jak-Tim, RPTRA Rp 30 Miliar, Kelar 3 Desesember 2017 Diresmikan Djarot 10 Oktober 2017
Garuda Indonesia

Ekonomi

Utang BUMN Jatuh Tempo Tahun Ini, Garuda Harus Bayar 500 Juta Dollar AS
IMG 20211123 WA0317 copy 783x522

Headline

Kasal Sematkan Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi TNI AL Kepada Menkomarves RI
Jokowi dan Menteri PUPR

Headline

Jokowi Didesak Pecat Menteri PUPR dan KPK Diminta Memeriksa
IMG 20190806 WA0086 568x378

Headline

Tingkatkan Kualitas Spotdirga TNI AU Gelar Penataran Kemampuan Potensi Dirgantara
CollageMaker 20210427 155647470 copy 768x768

Headline

Jalasenastri Armada I Kunjungi Keluarga Prajurit yang Gugur Bersama KRI Nanggala-402