Home / Nasional / Headline

Kamis, 12 Mei 2022 - 15:12 WIB

Pasca Masa Liburan Idul Fitri 1443 H, Menko PMK Optimis Pandemi Covid-19 Segera transisi ke Masa Endemi

NasionalPos.com, Jakarta — Berdasarkan survei internal yang telah dilakukan Kemenko PMK di 18 Rumah sakit DKI Jakarta pada bulan Februari 2022, saat ini angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia telah turun di peringkat ke-14, didasari oleh beberapa indikator dan dari data-data tersebut, maka fenomena itu, mengindikasikan kondisi Indonesia sudah mulai melakukan transisi dari pandemi menuju fase endemic, demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, kepada awak media, Kamis, (12/5/2022) di Jakarta.

Baca Juga  Saat Ini Terpapar Virus Corona di Indonesia Berjumlah 69 Pasien

“Apabila dilihat dari angka kasus aktif, positivity rate, maka tingkat okupansi rumah sakit, kemudian angka kematian sekarang sudah ada tanda-tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada”ungkap Muhadjir Effendy.

Lebih lanjut, Muhadjir Effendy, juga mengungkapkan bahwa saat ini Yang paling tinggi kematian itu kanker, kemudian pneumonia, peneumonia non-spesifik, dan sekarang Covid-19 yang meninggal sudah di ranking 14. Jadi sudah bukan lagi ancaman, meskipun kasus Covid-19 sudah semakin membaik, Menko PMK meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. mengingat kasus meninggal dan yang terjangkit juga masih ada, jika dilihat dari beberapa indikator itu kita sebetulnya de facto (secara fakta) sudah menuju ke endemi, masa transisi tersebut dipertaruhkan setelah libur lebaran Idulfitri. Apabila pasca Idulfitri tidak ada tambahan kasus yang signifikan, maka menurutnya, Covid-19 di Indonesia akan segera menjadi endemi.

Baca Juga  Ridwan Kamil Dampingi Jokowi Bagikan Bantuan Tunai

“Taruhannya setelah libur tahunan ini. Kalau nanti setelah Idul Fitri, 2 minggu atau 3 minggu nanti tidak ada kenaikan kasus. Maka kita optimis segera transisi ke endemi,”pungkasnya. (*dit)

Share :

Baca Juga

Ramadhan 2022

Nasional

Pemerintah Putuskan 1 Ramadhan 1443 H Jatuh Pada Minggu, 3 April 2022
Roy Suryo

Headline

Politikus Senior Ini Mundur Jelang Kongres Demokrat
peta corona

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Sabtu (29/8/2020)
virus corona 4

Headline

Update Data Corona (18/7/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 84.882 Orang dan Meninggal 4.016 Orang
Enggartiasto Lukito

Headline

Hakim Minta JPU KPK Hadirkan Mendag Enggartiasto Lukito
APD corona

Headline

Update Data Corona (13/2/2021) Jumlah Pasien Positif 1.210.703 Orang dan Meninggal 32.936 Orang
KPK

Headline

Gugatan Alih Status Pegawai KPK Ditolak MK
download

Headline

Lawyer Pdt. RH Bantah Dugaan Tuduhan Keji Kepada Kliennya, Biarkan Tangan Tuhan Mendamaikannya