Home / Megapolitan

Selasa, 8 Februari 2022 - 22:47 WIB

DPRD DKI Setuju Usulan Raperda Terkait Penyandang Disabilitas

NasionalPos.com,Jakarta — Pandangan umum sembilan fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyetujui usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pelaksanaan Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas dalam rapat paripurna yang digelar Selasa (8/2/2022).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Wa Ode Herlina saat menyampaikan pandangan umum fraksi menyambut baik atas diusulkannya Raperda tentang Pelaksanaan Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Pemprov DKI dalam hal ini adalah Gubernur yang telah mengusulkan Raperda Pelaksanaan Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas untuk penyesuaian dan penyempurnaan Perda Nomor 10 Tahun 2011 dan melaksanakan amanat UU Nomor 8 Tahun 2016 dan UU Nomor 23 Tahun 2014,” ujar Wa Ode, saat rapat paripurna.

Baca Juga  Raperda Hak Penyandang Disabilitas,Rampungkan Pembahasaan 110 Pasal dari 149 Pasal

Pandangan umum Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta menilai kehadiran Raperda tentang Pelaksanaan Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas perlu segera dibentuk. Pasalnya, penyandang disabilitas adalah subyek yang berhak atas penghormatan perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia sehingga mendapat kesempatan yang sama dalam pengembangan diri.

“untuk itu, Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta meminta Rancangan Perda tentang pelaksanaan penghormatan perlindungan dan pemenuhan hak disabilitas segera dibahas,” jelas Dian Pratama, anggota Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta.

Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta juga melihat  langkah Pemprov DKI mengajukan usulan Raperda terkait penyandang disabilitas sudah tepat untuk memperjuangkan hak penyandang disabilitas di ruang publik. Diharapkan Raperda ini menjadi solusi atas Peraturan Daerah nomor 10 tahun 2011 tentang Penyandang Disabilitas yang sudah tidak sesuai dengan kondisi terkini.

Baca Juga  Ringankan Beban Orang Tua, Yonif 126/KC Bagikan Baju dan Buku Tulis Kepada Anak-Anak Perbatasan

“Jadi harus disesuaikan dengan perkembangan jaminan hukum dan hak-hak yang melekat pada penyandang disabilitas,” kata Wibi Andrino, Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta saat membacakan pandangan umum fraksi.

Pendapat senada disampaikan Yusriah Dzinnun, anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta. Fraksi PKS juga mendukung diubahnya pendekatan dalam memberikan dukungan kepada penyandang disabilitas dari pendekatan charity base menjadi pendekatan right base.

“Saudara-saudara kita penyandang disabilitas juga memiliki kemampuan untuk berkembang. Untuk itu, perlu didukung pemenuhan hak-haknya agar mereka lebih berdaya,” tandasnya.(beritajakarta)

 

Share :

Baca Juga

Gempa

Megapolitan

Gempa Guncang Jabodetabek Berpusat di Banten
anies gelar pertemuan dengan ormas edit

Headline

Jelang Pensiun Jadi Gubernur, Anies Baswedan Terima Pimpinan ORMAS Se-DKI Jakarta
demo Anies 2

Headline

Massa Abu Janda Cs di Balaikota Jakarta Diteriaki “Nasi Bungkus”
3838255265

Megapolitan

Massa dari Luar Jakarta, Dilarang Datangi TPS
hijab polwan

Headline

Selandia Baru Bikin Seragam Hijab Polwan
Agus Sylvi 3

Megapolitan

Agus – Sylvi Munculkan Program KJS
pajak dan anies edit 1

Ekonomi

Pemprov DKI Jakarta Berikan Insentif dan Kemudahan Pembayaran PBB-P2, Untuk Pulihkan Ekonomi
anang edit

Megapolitan

Mulai 5 September 2022, Empat Halte Transjakarta Menyusul Ditutup Sementara