Home / Megapolitan

Selasa, 15 Maret 2022 - 19:26 WIB

1.187 Sertifikat Tanah Dibagikan di Kecamatan Makasar

NasionalPos.com,Jakarta — Sebanyak 1187 sertifikat hak milik (SHM) atas tanah yang diterbitkan secara kolektif melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Selasa (15/3/2022), dibagikan pada warga di kantor Kecamatan Makasar. Penyerahan secara simbolis dilakukan Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar dan Kepala BPN Jakarta Timur, Sudarman.

Anwar mengatakan, penerbitan sertifikat tanah melalui PTSL ini berfungsi untuk mengurangi kasus sengketa tanah. Program ini digulirkan pemerintah pusat dengan sumber dana anggarannya dari Pemprov DKI melalui APBD.

Menurutnya, untuk mendukung program ini pihaknya memfasilitasi penyuluhan, sosialisasi pembentukan tim PTSL dengan kelurahan. Kemudian melakukan pendataan di masyarakat, hingga melakukan pendampingan terhadap proses pendaftaran sampai tuntas.

Baca Juga  Pemanggilan Anies oleh KPK Soal Formula E, Diduga Bertendensi Politis Agenda Pilpres 2024

“Jumlah sertifikat yang dibagikan di Kecamatan Makasar ini ada 1.187 sertifikat. Seluruhnya untuk warga yang tersebar di 53 RW,” kata Anwar.

Disebutkan, target sertifikat yang harus diterbitkan di wilayahnya ada  7.800 bidang tanah. Saat ini yang sudah diserahkan hampir 5.000 bidang. Diharapkan sisanya bisa dituntaskan segera mungkin.

Kepala BPN Jakarta Timur, Sudarman menambahkan,  pihaknya tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan program ini. Karena itu, perlu dukungan dari aparatur Pemkot Jaktim, termasuk pengurus RT dan RW.

Baca Juga  Warga Pegangsaan Jakpus Diintimidasi “Orang Ahok”

“Kita minta bantuan pihak terkait untuk membantu menyosialisasikan ke masyarakat agar berkasnya lengkap,” ungkap Sudarman.

Sementara, salah seorang warga penerima PTSL, Siwi  Widayanti, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Gubernur DKI, wali kota  Jakarta Timur, camat, lurah dan BPN yang telah mempermudah dalam kepengurusan sertifikat melalui PTSL secara gratis.

“Semoga program seperti ini bisa terus dilaksanakan, sehingga masyarakat tidak mampu dapat memiliki sertifikat tanah secara gratis,” harapnya.(beritajakarta)

Share :

Baca Juga

bnpb

Megapolitan

BPBD DKI Jakarta Gelar Edukasi Anti Bencana di sekolah
anies

Megapolitan

Pejabat era Anies harus Loyal dan Professional
berteman jakarta

Megapolitan

Gubernur Anies Himbau Warga Sukseskan Program Berteman Jakarta
acara formula E edit

Infrastruktur

Jelang Balapan Formula E, Gubernur Anies Hadiri Meet and Greet Jakarta E-Prix 2022 di Monas
FKDM Jakarta

Megapolitan

Suhu Politik Panas, Anies Minta FKDM Rutin Gelar Pengajian Melalui Majelis Ta’lim Ar Rasyid
toko daging

Ekonomi

Toko Daging Dharma Jaya di Kembangan, Raup Omset Ratusan Juta Rupiah
IMG 20190501 WA0015 512x341

Megapolitan

Pangkolinlamil Buka RAPJ Puskopal Kolinlamil
pembangunan saluran air edit

Headline

Warga Acungi Jempol, Kinerja SDA Jaktim Bangun Saluran Air di Tiga Lokasi Berbeda