Seskoal Gelar Seminar Nasional, Beri Jawaban Rumusan Pertahanan IKN

- Editor

Rabu, 27 Juli 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

NasionalPos.com,jakarta – Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) menggelar Seminar Nasional Tahun 2022 dalam rangka memberikan jawaban sekaligus pencerahan kepada kita semua dalam merumuskan strategi pertahanan Matra laut Ibu Kota Negara, bertempat di Auditorium gedung Yos Sudarso Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2022).

Seminar Nasional yang diikuti oleh Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) Seskoal Angkatan Ke – 60 TA. 2022 dan Pasis Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI Angkatan Laut Angkatan Ke – 17 TA. 2022, dibuka secara resmi pagelarannya oleh Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut  (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han), dan dengan Keynote Speaker Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., serta Moderator oleh Risca Indah Presenter iNews dan Letkol Laut (P) M. Achnaf M.Tr.Opsla., CTMP.

Pada Seminar Nasional ini, diisi dengan pembicara dan materi, yakni : Pembicara Pertama, Dirjen Strahan Kemhan RI Mayjen TNI Dr.rer.pol. Rodon Pedrason, MA tentang Strategi Dalam Perencanaan dan Menyiapkan Kekuatan Pertahanan IKN Matra Laut. Pembicara Kedua, Deputi Polhukam Bappenas RI Dr. Ir. Slamet Soedarsono, MPP, QIA, CRMP, CGAP tentang Perencanaan Pertahanan IKN Matra Laut dengan Melibatkan Berbagai Komponen Pertahanan Negara, Pembicara Ketiga, Asisten Perencanaan Umum (Asrenum) Panglima TNI Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. tentang Strategi Pengerahan dan Penggunaan Komponen Utama, Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung serta Perhitungan Kekuatan Alutsista Untuk Pertahanan Ibu Kota Negara Dari Aspek Matra Laut, Pembicara Keempat, Gubernur Lemhannas Dr. Andi Widjajanto, S.Sos., M.Sc. tentang Perspektif Ketahanan Nasional Dalam Strategi Pertahanan Matra Laut IKN yang Komprehensif Dengan Melibatkan Komponen Utama, Cadangan dan Komponen Pendukung, dan Perhitungan Kekuatan Alutsista, Pembicara Kelima, Anggota Komisi 1 DPR RI H. Sukamta, Ph.D. tentang Perspektif Perwakilan Rakyat Dalam Pelibatan Komponen Cadangan dan Pendukung Untuk Memperkuat Komponen Utama Dalam Hal Pertahanan Ibu Kota Negara Aspek Matra Laut Ditinjau Dari Aspek Akademis, dan Pembicara Keenam, Kepala Koordinator Dosen (Kakordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP. tentang Strategi Maritim Dalam Rangka Pertahanan Ibu Kota Negara.

Materi Seminar Nasional yang mengangkat tema, “Strategi Pertahanan Matra Laut Ibu Kota Negara Sebagai Bagian Dari Strategi Pertahanan Negara”, sesuai degan tema, Komandan Seskoal mengatakan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama penyusunan strategi pertahanan Ibu Kota Negara sangatlah penting kita bahas bersama secara komprehensif, letak Ibu Kota Negara Nusantara yang baru dekat dengan ALKI 2, dimana alur tersebut dapat menjadi pintu masuk, juga lintasan yang melewati Wilayah Kepulauan NKRI sebagai alur pelayaran yang ramai, maka selaras dengan prinsip kesemestaan dalam penyelenggaraan pertahanan negara, dibutuhkan berbagai komponen pertahanan negara.

Ditambahkan, mengingat matra laut yang sangat unik, media laut dapat digunakan sebagai proyeksi kekuatan untuk menyerang wilayah suatu negara. “Ibu Kota Negara sebagai Center of Gravity adalah wilayah khusus yang perlu dijatuhkan, apabila ingin menguasai dan menjatuhkan kedaulatan suatu negara”, kata Komandan Seskoal kepada seluruh peserta Seminar Nasional di Seskoal, ketika mengistilahkan wilayah lautan Indonesia dari berbagai ancaman pihak musuh terhadap keutuhan NKRI.

Baca Juga :   Kolaborasi Kodam I/BB dan Santri Tani Panen Jagung untuk Ketahanan Pangan

Komandan Seskoal menambahkan, bahwa dalam seminar ini telah hadir narasumber dari bidang perencanaan, bidang praktisi dan akademisi maupun kebijakan yang dapat memberikan jawaban, sekaligus pencerahan kepada kita semua dalam merumuskan strategi pertahanan Matra laut Ibu Kota Negara yang dapat terjaga dari kemungkinan ancaman.

Dalam Kunjungan ini dihadiri, oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., para Pejabat Utama TNI Angkatan Laut, para Pejabat TNI – Polri dan yang mewakili, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han)., Wadan Seskoal Laksma TNI Ariantyo Condrowibowo, Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksamana Pertama TNI Didong Rio DPW, S.T., M.A.P., M.Tr.( Han), Kepala Koordinator Dosen (Kakordos) Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP., Pejabat Utama Seskoal, Dosen, peserta Webinar, Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke – 60 dan Pasis Susjemensra Angkatan Ke – 17 TA. 2022.

Kegiatan seminar nasional yang diisi dengan diskusi dan tanya jawab, antara Nara Sumber dan Pasis Dikreg Seskoal serta Pasis Susjemenstra TNI AL ini, selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, profesional dan tangguh, serta upaya kita semua dalam menghadapi era keterbukaan informasi dan revolusi industri 4.0.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, tidak lupa dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan mematuhi 5 M, yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Menggunakan masker, Menjaga jarak 1 meter, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas sehingga tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19.(*)

Loading

Berita Terkait

TNI AL Memanggil Putra Putri Terbaik Bangsa Untuk Bergabung
Homeyo Papua Aman, KOOPS HABEMA Gelar Papua Pintar di Sekolah Lapangan Pogapa
Tiga Perwira TNI AD Raih Prestasi di US Army Command and General Staff College
Polda Jabar Kolaborasi Dengan Masyarakat Usut Kasus Vina Cirebon
OPM Teror Distrik Sinak, Koops TNI Habema Berhasil Atasi Dan Tembak Anggota OPM
Satgas Yonif 122/TS Tampilkan Drama Kolosal Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila di Papua
Di Tegaskan Polri, Tidak Ada Permasalahan Dengan Kejakgung
Satgas Yonif 122/TS Ajarkan Dasar Seni Alat Musik Angklung di TK Pir IV Papua

Berita Terkait

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:52 WIB

TNI AL Memanggil Putra Putri Terbaik Bangsa Untuk Bergabung

Senin, 10 Juni 2024 - 22:11 WIB

Homeyo Papua Aman, KOOPS HABEMA Gelar Papua Pintar di Sekolah Lapangan Pogapa

Sabtu, 8 Juni 2024 - 22:12 WIB

Tiga Perwira TNI AD Raih Prestasi di US Army Command and General Staff College

Jumat, 7 Juni 2024 - 11:40 WIB

Polda Jabar Kolaborasi Dengan Masyarakat Usut Kasus Vina Cirebon

Rabu, 5 Juni 2024 - 21:00 WIB

OPM Teror Distrik Sinak, Koops TNI Habema Berhasil Atasi Dan Tembak Anggota OPM

Sabtu, 1 Juni 2024 - 15:36 WIB

Satgas Yonif 122/TS Tampilkan Drama Kolosal Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila di Papua

Kamis, 30 Mei 2024 - 13:55 WIB

Di Tegaskan Polri, Tidak Ada Permasalahan Dengan Kejakgung

Senin, 13 Mei 2024 - 11:21 WIB

Satgas Yonif 122/TS Ajarkan Dasar Seni Alat Musik Angklung di TK Pir IV Papua

Berita Terbaru

Ekonomi

Dharma Jaya Catatkan Penjualan 1.800 Ekor Sapi Kurban

Selasa, 18 Jun 2024 - 19:49 WIB