Home / Nasional

Rabu, 9 Maret 2022 - 17:24 WIB

Bertemu Panglima Komando Armada II TNI AL, Bamsoet Harap Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Segera Terwujud

NasionalPos.com,Surabaya – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap upaya pemerintahan Presiden Joko Widodo menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia bisa segera terwujud. Konsekuensinya, TNI Angkatan Laut (TNI AL) harus bisa menjaga kedaulatan dan kekayaan laut dari segala bentuk ancaman. Sehingga, berbagai potensi laut dapat dimaksimalkan sebesarnya untuk kemakmuran bangsa Indonesia.

“Wilayah ambang batas laut terluar antara Indonesia dengan negara-negara tetangga menjadi salah satu daerah rawan yang harus diawasi ketat oleh TNI AL. Berbagai pelanggaran wilayah kerap dilakukan kapal-kapal asing yang menyelundupkan narkoba, illegal fishing, illegal logging, imigran gelap, perompakan, maupun pembajakan,” ujar Bamsoet saat bertemu Panglima Komando Armada II TNI AL Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, di Markas Koarmada II, Surabaya, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga  IAW Minta Jaksa Agung Jadi Teladan Bagi Anggota Kabinet Jokowi

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM dan Keamanan ini  mengingatkan, kedaulatan bangsa Indonesia di laut seharusnya bukan hanya terletak pada sea power, yang mengacu pada kontrol menyeluruh atas lautan saja. Tetapi juga pada naval power, yang mengacu kepada angkatan bersenjata yang terorganisasi di lautan.

bs2

“Karena itu, untuk menguatkan pertahanan Indonesia harus dimulai dengan menguatkan armada TNI AL. Selain, terus menggelorakan doktrin kekuatan maritim guna mewujudkan kembali kejayaan bangsa Indonesia sebagai negara maritim,” kata Bamsoet.

Baca Juga  Negara Harus Hadir Dalam Sengkarut Penyelesaian Tragedi 1965

Penerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana TNI AL ini menambahkan, di abad ke-21 ini dunia dihadapkan kepada berbagai ketidakpastian. Berbagai perubahan terjadi secara cepat seiring kemajuan informasi teknologi. Sehingga, pada akhirnya turut mempengaruhi perubahan sosial budaya, ekonomi, politik, pertahanan dan keamanan.

“Saat negara bertanggung jawab memperkuat Alutsista, TNI mempunyai tanggungjawab besar mempertajam pola pikir setiap prajurit dalam mengantisipasi berbagai ancaman yang datang. Karena bagaimanapun, the man behind the gun adalah kunci utama menjaga kedaulatan negara,” pungkas Bamsoet.(*)

Share :

Baca Juga

Kabareskrim Irjen Listyo Sigit Prabowo

Headline

Irjen Listyo Ditunjuk Sebagai Kabareskrim Polri
Yasonna Laoly 1

Nasional

Menkumham Tolak Usul KPK Pindahkan Napi Koruptor ke Nusakambangan
penyidik 1

Headline

Sah! 64 Perwira Kolinlamil Jadi Penyidik Tindak Pidana di Laut
21d79d4a 84b6 4dbd 891e c6af7d6eb892

daerah

Nono Sampono Ajak Masyarakat Gorontalo Beri Apresiasi Kinerja Pemerintah
Rosan Perkasa Roeslani

Ekonomi

Kadin Sarankan Pemerintah Tambah Stimulus Menjadi Rp1.600 Triliun Tangani Corona
Imam Nahrowi

Hukum

Tito Cecar Imam Nahrowi Soal Mark Up Dana Hibah KONI
Tifatul Sembiring

Headline

PKS Desak Aparat Tangkap Pelaku Perusakan Musala di Minahasa
jenazah corona

Nasional

Update Data Corona (29/12/2021) Jumlah Pasien Positif 4.262.351 Orang dan Meninggal 144.081 Orang