Home / Top News

Kamis, 20 Januari 2022 - 20:38 WIB

BI Akui Adanya Peretasan Oleh Geng Ransornware

NasionalPos.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) mengakui ada upaya peretasan data oleh geng ransomware. Data BI diduga bocor pada Kamis (20/1/2022). Data merupakan hasil retasan kelompok peretas, geng ransomware Conti.

Kabar peretasan itu diunggah salah satu platform intelijen bernama Dark Tracer di Twitter pada Kamis (20/1/2022) pagi. Akun Dark Tracer membagikan potongan tangkapan layar dari situs gelap geng ransomware Conti. Terlihat tampilan file yang dinamai corp.bi.go.id. Tertera keterangan unggahan yang tertulis bahwa total data tersebut sebanyak 838 file sebesar 487,09 MB.

Baca Juga  KOBAR Jakarta Utara : Yang Tidak Paham Jangan Jadi Provokator di Sunter

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono mengaku bahwa peretasan itu memang ada. “Ini menyadarkan kami bahwa cyberattack, bahkan cybercrime itu nyata dan kami juga kena,” ujar Erwin Haryono  pada konferensi pers BI Kamis (20/1/2022).

Menurut Erwin, sejak terjadinya peretasan data oleh ransomware, BI sudah melakukan langkah-langkah untuk memitigasi serangan kejahatan siber ke depannya.

“Pertama kami menguatkan framework termasuk di level pegawai karena ransomware itu masuk pada the weakest link tadi itu. Kemudian (kami) mengembangkan infrastruktur yang lebih ketat dan juga mengembangkan kerja sama yang lebih erat,” jelasnya.

Baca Juga  Puluhan Personel Gabungan Dikerahkan Atasi Genangan di Joglo

Namun, Erwin memastikan bahwa setelah terjadinya serangan ransomware BI sudah melakukan antisipasi dan penanganan audit sehingga tidak ada gangguan apapun dari layanan yang diberikan oleh BI.

“Bank Indonesia kemudian ingin mengatakan, memastikan bahwa layanan operasional bank Indonesia tidak terganggu dia tetap terkendali dan bisa mendukung kegiatan ekonomi masyarakat,” jelasnya. (*)

 

 

Share :

Baca Juga

warteg

Headline

Polda Metro Jaya Tak Mungkin Awasi Seluruh Warteg Jalankan PPKM Darurat Level 4
cda92c4c f0e8 4746 9325 5cbf8d142b98

Nasional

Presiden Jokowi Halal bihalal bersama Aktivis 98
PHOTO 2019 04 11 20 20 49 616x410

Megapolitan

Panglima TNI : TNI Tetap Siaga Selama Pelaksanaan Pemilu 2019
Jimmy CK

Headline

GL-Pro 08 Nilai Gugatan Class Action Banjir Jakarta Bermuatan Politik
Rachmawati Soekarnoputri

Headline

Rachmawati Soekarnoputri Wafat
kebakaran hutan

Headline

AS, Yunani dan Turki Dilanda Kebakaran Hutan
Mahfud MD

Headline

Begini Jawaban Mahfud Soal Penutupan Masjid dan Pembukaan Mal
Menang Lukman Hakim

Nasional

KPK Telusuri Peran Menag Lukman Dalam ‘Mengatur’ Seleksi Rektor UIN