Home / HanKam / daerah / Headline / Sosial-Budaya

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:47 WIB

Di Kawasan Pesisir Sungai Bakau, di Tanami Pohon Mangrove oleh Lanamal Banjarmasin

NasionalPos.com,Kalsel – Bertempat dipesisir Desa. Sungai Bakau Kec. Kurau Kab. Tanah Laut Prov. Kalsel, pada Kamis (30/6/2022), Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin telah melaksanakan tanam pohon Mangrove tahap pertama sebanyak 1.300 pohon dan tahap kedua akan dilaksanakan secara serentak nasional pada tanggal 26 Juli 2022 sebanyak 3.000 pohon, adapun kegiatan kali ini dilaksanaakn dengan mengambil tema “Melalui Sinergritas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Tahun 2022 TNI Angkatan Laut Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana, Perubahan Iklim dan Cuaca Global.

Kegiatan yang baik dan bermanfaat ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian memperingati hari Mangrove sedunia yang jatuh pada tanggal 26 Juli tahun 2022. Salah satu tujuannya adalah untuk mengantisipasi abrasi pertahanan pantai serta dapat mendorong dan menumbuhkan kesejahteraan perekonomian masyarakat maritim, terutama para warga pesisir, demikian disampaikan Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla, kepada pers, Kamis, 30 Juni 2022 di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca Juga  Update Data Corona (27/7/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 100.303 Orang dan Meninggal 4.838 Orang

“Ya, adapun kegiatan ini tentunya dapat membantu masyarakat pesisir untuk mengantisipasi terjadinya abrasi, serta tentunya untuk menjaga ketahanan lingkungan hidup di wilayah pesisir pantai ini, agar masyarakat dapat hidup aman, nyaman dan sejahtera”ucap Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla.

Menurut Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla, Selain itu pohon Mangrove mempunyai banyak kegunaannya diantaranya, memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi obyek wisata alam, getahnya untuk campuran batik, buahnya dapat diolah menjadi minuman sirup, sumber pendapatan bagi nelayan pantai, mencegah pemanasan global, sebagai habitat perikanan dan mencegah erosi, Rencana kedepan Lanal Banjarmasin memiliki dua program nasional yakni penanaman Mangrove serentak nasional dan program pembentukan Kampung Bahari Nasional (KBN) di DesaTabanio Kec. Takisung Kab. Tanah Laut.

Baca Juga  Sekjen DPR Berdalih Soal Anggarkan Gorden Rudin Rp 48,7 Miliar

“Penanaman Mangrove ini juga merupakan tindak lanjut perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yaitu untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat bangsa dan negara.”pungkas Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla.

Turut hadir Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II Ny. Farrah Herbiyantoko beserta para pengurus, Forkopimcam, siswa Amnus (Akademi Maritim Nusantara), pramuka saka bahari dan masyarakat pesisir. (*dit)

 

 

Share :

Baca Juga

Setia Untung

Headline

Setia Untung Resmi Jabat Wakil Jaksa Agung
Juliari P. Batubara dan Jokowi

Headline

ICW : Juliari Layak Dihukum Seumur Hidup
IMG 20220216 WA0224 copy 396x263

HanKam

Ketua CBS Jalasenastri Seskoal Beri Vitamin A Untuk Balita
39d5821a 8975 4197 80e9 15dc18a0e3c2

Headline

Virus Corona merebak, warga diharapkan tidak perlu panik
Ali Ngabalin

Headline

Ngabalin Ngaku Dikeluarkan Dari WAG Gara-Gara Dituding Dibalik OTT KPK Edhy Prabowo
IMG 20220208 WA0277 copy 482x271

HanKam

Pastikan Tampil Di Singapore Air Show, JAT Bertolak dari Yogyakarta Menuju Batam
virus corona 4

Headline

Update Data Corona (31/7/2021) Jumlah Pasien Positif 3.409.658 Orang dan Meninggal 94.119 Orang
Syarief Hasan

Headline

MPR Desak Jokowi Tolak TKA Asal China ke Konawe, Sultra Di Tengah Pandemi Covid-19