Home / Ekonomi / Headline / Nasional

Selasa, 16 Agustus 2022 - 21:40 WIB

Soal Rencana Kenaikan Harga BBM, Masih Dikaji Pemerintah

Nasionalpos.com, Jakarta– Saat ini, Pemerintah sedang menghitung rencana kenaikan harga jual bahan bakar minyak (BBM), khususnya Pertalite. Kemungkinan pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi menguat dalam beberapa hari terakhir, saat ini pemerintah sedang membahas terkait rencana tersebut, demikian disampaikan Menteri ESDM Arifin Tasrif ketika ditemui wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2022

“Sedang, kita bahas ini, masih dikoordinasikan sama Pak Airlangga (Menko Perekonomian),” ungkap Arifin Tasrif,

Menurut Arifin, Namun, jika akhirnya pemerintah mengambil kebijakan kenaikan harga jual BBM, Arifin berjanji, pemerintah akan lebih dulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, Selain itu, juga harus ubah perpres dulu.

Sementara itu, ditemui terpisah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pun tak menampik jika memang saat ini pemerintah sedang membahas harga jual BBM ini. Kata dia, langkah ini dilakukan merespons kenaikan harga minyak dan juga kenaikan konsumsi.

Baca Juga  Hadapi Dampak Resesi Dunia Dengan Perkuat Ekonomi Rakyat Menengah Bawah

“BBM sedang kita review terkait kebutuhan akibat kenaikan harga BBM dari volume dan dari segi kebijakan selanjutnya,” ucap Airlangga di Gedung Jenderal Pajak, Selasa, 16 Agustus 2022.

Perhitungan tentunya, imbuh Airlangga, tak lepas dari dampak ke inflasi dan efeknya terhadap penerimaan negara. Sekaligus, pemerintah juga tengah menyiapkan bantalan sosial jika memang akhirnya diputuskan harga jual BBM akan naik,

“Apabila ada penyesuaian akan kalkulasi kompensasi dalam berbagai program dan program sedang berjalan dalam perlinsos seperti yang dilakukan dalam penanganan covid,” ujar Airlangga.

Baca Juga  RUU PAS Disepakati Komisi III DPR RI Bakal Segera di Bawa Ke Paripurna

Sedangkan, dari sisi Pertamina, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Pertamina tak akan melakukan perubahan harga jual BBM jika belum ada keputusan yang bulat dari tiga menteri, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan, dan Menteri ESDM.

“Itu juga kan masih dibahas belum ada putusannya. Jadi kan dari Kemenko, Menteri ESDM, dan Menkeu. Kalau putusan ada, baru ada penugasan di Pertamina,” ujar Erick.

Erick juga mengatakan, sampai hari ini ia belum mendapatkan keputusan terkait kebijakan harga BBM. Tentu saja, jika sudah ada keputusan maka pihaknya bersama PT Pertamina (Persero) sebagai BUMN akan melakukan penugasan tersebut.

 

 

Share :

Baca Juga

023545800 1482397869 20161222 BRI Siapkan Uang Rp 17 Triliun untuk Transaksi Tahun Baru dan Natal Jakarta AY5

Ekonomi

BI : Uang Beredar Rp6.900 Triliun Pada Desember 2020
IMG 20190709 WA0008 303x252

Ekonomi

Ketua YDN: Kebijakan Ekspor Amran Sukses Angkat Pamor Durian Lokal, Neraca Perdagangan Durian Surplus
kpk1

Headline

UU KPK Resmi Berlaku, Nyatanya KPK Belum Paham Isinya
virus corona 3

Headline

Update Data Corona (29/10/2021) Jumlah Pasien Positif 4.243.215 Orang dan Meninggal 143.361 Orang
Ripka

Nasional

Pemkab Pacitan terlambat Tetapkan KLB Hepatitis A
Walikota dan Wakil Walikota Tegal

Headline

Walikota Tegal Polisikan Wakinya Soal Pencearan Nama Baik
Hotel WK Karimun

Headline

Masyarakat Karimun Resah Permainan Judi di Hotel ‘WK’
Moeldoko

Headline

ICW Siapkan Pengacara Setelah Dilaporkan Moeldoko ke Bareskrim