Home / Headline / Nasional / Politik

Senin, 25 Juli 2022 - 19:57 WIB

Dave Laksono : Ada Kebocoran Informasi Terhadap Penangkapan 6 orang Intelijen Asing

NasionalPos.com, Jakarta– Terkait dengan Penangkapan enam orang yang diduga agen intelijen asing oleh TNI AL di Nunukan, Kalimantan Utara, juga di respon oleh Anggota Komisi I DPR Dave Laksono yang menilainya bahwa peristiwa  penangkapan enam orang yang diduga agen intelijen asing oleh TNI Al tersebut menunjukkan adanya data dan informasi negara yang bocor. Dari enam orang yang ditangkap, tiga orang di antaranya merupakan warga negara Indonesia (WNI), Ketiga WNI tersebut bernama Elwin, Thomas Randi Rau dan Yosafat bin Yusuf. Sementara tiga lainnya merupakan warga negara asing (WNA) yakni Leo bin Simon, Hp Jin Kiat, dan Bai Jidong.

Baca Juga  KontraS, LBH Pers dan Lainnya Anggap Maklumat Kapolri Langgar Konstitusi

“Apa yang terjadi ini adalah suatu hal yang memalukan dan menyedihkan. Ini membuktikan masih ada kemungkinan-kemungkinan kebocoran, apakah itu informasi ataupun hal-hal yang bisa membocorkan rahasia negara,” kata Dave kepada awak media di Gedung DPR RI, senayan Jakarta Selatan, Senin (25/7/2022).

Dave menuturkan perlu ada penelusuran untuk mengetahui bagaimana proses tiga WNI itu bisa direkrut menjadi intelijen asing. Dia meminta keamanan di semua instansi dan pemerintahan ditingkatkan.

“Dan apalagi melibatkan WNI dan ini harus ditelisik bagaimana mereka bisa direkrut sampai aktif jadi agen asing, dan juga bisa bekerja untuk membocorkan rahasia negara. Dan juga di sini harus lebih ditingkatkan keamanan semua instansi militer ataupun juga kantor-kantor kementerian yang meng-handle hal sensitif,” ucapnya.

Baca Juga  Jika ACT Selewengkan Dana, Mahfud MD Dukung Proses Hukumnya

Lebih lanjut Dave menyampaikan insiden penangkapan agen intelijen asing itu merupakan momen untuk memperbaiki sistem keamanan serta kemampuan intelijen Indonesia. Sehingga dipastikan tidak ada kebocoran atau pencurian data negara.

“Tentunya di sini waktunya segera merevisi memperbaiki dan meng-upgrade sistem keamanan dan juga meningkatkan kemampuan intel kita dan petugas keamanan kita, untuk memastikan tidak ada lagi hal-hal yang kemudian kebocoran ataupun juga pencurian data,”pungkasnya.(*)

 

 

Share :

Baca Juga

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

Ekonomi

BI Tahan Suku Bunga Hanya 3,5 Persen Pada Agustus 2021
IMG 20190709 WA0044 576x432 1

Nasional

Jasa Marga Lanjutkan Pemeliharaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Hingga Minggu ini
Aksi massa tuntut PM Malaysia mundur

Headline

Khawatir Digulingkan, PM Malaysia Batalkan Rapat Parlemen
rusuh papua

Headline

Sejumlah Gedung Dibakar massa di Jayapura
BKN award

Headline

BNPB Raih Dua Penghargaan BKN Award
virus corona 4

Nasional

Update Data Corona (6/1/2022) Jumlah Pasien Positif 4.264.669 Orang dan Meninggal 144.116 Orang
6dcec040 2fb9 4e5b 9e3c 7fadbfe6933a

Headline

ITL Trisakti Gelar GROSTLOG 2019 dan Siap Memajukan Kedirgantaraan di Indonesia
virus corona 3

Headline

Alkes Untuk Covid-19 Dari China Akan Tiba DI Jakarta