Menparekraf Ajak Universitas Jember Bantu Wujudkan Parekraf Sebagai Lokomotif Ekonomi Nasional

- Editor

Senin, 8 Agustus 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

NasionalPos.com,Jember – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak seluruh civitas akademika Universitas Jember berperan aktif dalam mendukung transformasi ekonomi pascapandemi untuk menjadikan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi dan pembuka lapangan kerja.

“Hari ini saya berterima kasih diberi kesempatan untuk memberikan kuliah umum di Universitas Jember yang civitas akademikanya ada 41 ribu lebih. Meski hari Minggu, para mahasiswa tetap antusias mengikuti kuliah umum,” kata Menparekraf Sandiaga Uno usai memberikan kuliah umum di Universitas Jember, Minggu (7/8/2022).

Menparekraf Sandiaga Uno semakin optimistis dan menaruh harapan besar pada seluruh civitas akademika Universitas Jember untuk bisa berkolaborasi mendukung transformasi ekonomi pascapandemi dari ekonomi ekstraktif ke ekonomi kreatif sebagai lokomotif pertumbuhan ke depan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Pembangunan yang berbasis teknologi, di mana kita menargetkan terciptanya 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan target di tahun 2024 sebesar 4,4 juta lapangan kerja baru,” kata Sandiaga.

Baca Juga :   Dampingi Kapolda Jabar, Dansat Brimob Polda Jabar Amankan Kunjungan RI 1 Ke Stasiun Padalarang

Jember dikatakan Sandiaga memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Jember memiliki paket wisata lengkap mulai dari destinasi wisata alam hingga ragam budaya yang sangat variatif dan dikemas dalam konsep pariwisata berkualitas dan berkelanjutan.

“Di samping itu Jember sudah menjadi ikon dunia dengan Jember Fashion Carnaval yang tahun ini kembali digelar setelah beberapa tahun absen. Kami akan _all out_ untuk mendukung karena Jember di subsektor ekonomi kreatif juga sangat memiliki kompetensi. Begitu juga dengan potensi dari komoditas kopi dan cokelat yang saat ini sedang kita kembangkan dalam program ‘Indonesia Spice Up The World’ menjadikan Indonesia sebagai gastronomi unggulan Indonesia,” kata Sandiaga.

Dengan begitu diharapkan pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin baik memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Tadi saya cerita bahwa Indonesia menorehkan prestasi (pertumbuhan ekonomi) 5,44 persen di kuartal kedua di mana pariwisata penyumbang terbesar kedua dengan 9,76 persen,” ujar Sandiaga.

Baca Juga :   Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta Tetapkan APBD DKI Tahun 2023 Rp 83,781 Triliun

Rektor Universitas Jember Prof. Iwan Taruna menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno dan pihaknya siap berkolaborasi dalam mendukung kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

“Terima kasih luar biasa Mas Menteri karena bersedia hadir di Universitas Jember. Banyak sekali potensi yang nanti justru akan mendukung program ekonomi kreatif maupun pariwisata sebagaimana sudah dilaksanakan selama ini. Tentu Universitas Jember berkomitmen bersinergi dengan seluruh lembaga baik di tingkat provinsi maupun nasional mendukung program pemerintah,” kata Iwan Taruna.

Turut hadir mendamping Menparekraf Staf Khusus Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi Kemenparekraf/Baparekraf Syaifullah Agam; Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.(*)

Loading

Berita Terkait

40.210 UMKM Binaan Telah Terapkan Transaksi Pembayaran QRIS
Komisi VI Ingatkan BNI Tingkatkan Keamanan Data Transaksi Digital
PT Amarta Karya Tidak Patut Di Bubarkan
Rencana Lelang 417 Unit Bus Transjakarta
BI Tidak Sendiri, Ada Peran Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Kendalikan Inflasi
Pertumbuhan Premi Terbesar BRI Insure Raih Penghargaan
Dharma Jaya Catatkan Penjualan 1.800 Ekor Sapi Kurban
BEI-Nasdaq Kerja Sama Perkuat Teknologi Pasar Modal

Berita Terkait

Rabu, 17 Juli 2024 - 21:39 WIB

40.210 UMKM Binaan Telah Terapkan Transaksi Pembayaran QRIS

Senin, 8 Juli 2024 - 22:55 WIB

Komisi VI Ingatkan BNI Tingkatkan Keamanan Data Transaksi Digital

Sabtu, 6 Juli 2024 - 20:08 WIB

PT Amarta Karya Tidak Patut Di Bubarkan

Selasa, 25 Juni 2024 - 20:14 WIB

Rencana Lelang 417 Unit Bus Transjakarta

Senin, 24 Juni 2024 - 19:48 WIB

BI Tidak Sendiri, Ada Peran Pemerintah Pusat dan Daerah dalam Kendalikan Inflasi

Sabtu, 22 Juni 2024 - 20:27 WIB

Pertumbuhan Premi Terbesar BRI Insure Raih Penghargaan

Selasa, 18 Juni 2024 - 19:49 WIB

Dharma Jaya Catatkan Penjualan 1.800 Ekor Sapi Kurban

Senin, 17 Juni 2024 - 20:56 WIB

BEI-Nasdaq Kerja Sama Perkuat Teknologi Pasar Modal

Berita Terbaru

Nasional

Peringati HBA, Kajari Brebes Sampaikan Amanat Jaksa Agung

Selasa, 23 Jul 2024 - 18:05 WIB