Sidang 100 Tahun KWI Semakin Meneguhkan Semangat 100% Katolik 100% Indonesia

- Editor

Sabtu, 18 Mei 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

NasionalPos.com, Jakarta-  Ketua Konferensi Waligereja Indonesia Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSQ beserta Sekretaris Jenderal Mgr. Paskalis Bruno Syukur, OFM  merayakan Sidang Para Uskup 100th, terhitung pada pertama 15 Mei 1924 di Pastoran Katedral Jakarta. Acara  berpuncak pada tanggal,13 November 2024. Peringatan 100th KWI mempunyai Tema  “Berjalan Bersama Membangun Gereja dan Bangsa” bertepatan dengan Sinode Para Uskup 2023-2024 tentang Sinodalitas: Persekutuan, Partisipasi, dan Misi dari  Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) membangun Gereja dan Bangsa, di jl. Cut Meutiah 10 Menteng, Jakarta. Jum’at 17/5/2024 kemaren

Acara ini juga terkait dengan kesempatan istimewa bertepatan dengan kunjungan Bapa Suci Paus Fransiskus ke Indonesia pada September 2024.

Adapun dalam rangka memperingati 100 tahun ini, mengadakan berbagai macam kegiatan a.l: selebrasi/perayaan, formasi/studi dan aksi sosial bagi saudara yang _”difable”_.  Sidang Waligereja secara istimewa dihadiri 33 Bapak Uskup Aktif, 3 Administrator Diosesan, 1 Vikaris Jenderal (Vikjen) dan 6 Bapak Uskup Emiritus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Sidang KWI menjadi kesempatan bagi para bapak uskup untuk mendalami kekayaan sejarah dari para narasumber dan sering para Uskup aktif dan emeritus.

Para Bapa Uskup  bersama-sama merenungkan sejarah perjalanan KWI dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang tercermin dalam perjalanan dokumen pastoral PWI melalui para tokoh awam, para tokoh agama dan aktifis awam, berefleksi gereja berjalan bersama dengan bangsa, umat dan para tokoh agama dalam isu-isu tentang media, sosial politik, orang muda, lanjut usia, perempuan dan imigran dan lingkungan hidup.

Baca Juga :   Sekda Buka FGD Jakarta Productivity Forum

Sidang KWI menjadi kesempatan bagi para Uskup dapat mendengarkan untuk didalami, diolah dan ditindak-lanjuti sampai pelaksanaan Sidang KWI November 2024 mendatang.

Pada peringatan 100th Sidang KWI, diberkati Wisma Konferensi Waligereja Indonesia,  menjadi rumah, kantor dan tempat perjumpaan bagi para uskup di jl. Cut Meutiah 10 Menteng, Jakarta.

Bersama dengan semua pihak, Konferensi Gereja Indonesia sangat bersyukur  menginjakkan kaki di pintu abad kedua dalam semangat berjalan untuk menciptakan kesejahteraan bersama, Dengan tulus hati mohon perkenanan berkat yang berlimpah dari Tuhan untuk kita semua, demikian disampaikan Mgr Ketua Konferensi Waligereja Indonesia saat menggelar konferensi pers di hadapan para awak media.

“ Dalam perayaan 100 Tahun ini, Kehadiran Gereja Katolik untuk membangun gereja dan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh Tuhan, sidang ini menjadi refleksi bagi kita apa yang belum kami laksanakan dan harus segera dilaksanakan,” kata Monsinyur Antonius.

Mgr Antonius juga menyatakan kesiapan KWI untuk mendukung pemerintahan baru di bawah presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakil presiden Gibran Rakabuming Raka. Dukungan ini bukan berarti dukungan politis, melainkan KWI akan terus mengawal kebijakan pemerintah agar selalu berlandaskan pada nilai-nilai kemanusiaan.

Baca Juga :   Di Persidangan UPR ke 4 Dewan HAM PBB, Indonesia Dapat Rekomendasi Kritis

Sikap ini, lanjut Mgr Antonius, tidak mengurangi sikap kritis gereja pada setiap kebijakan yang mungkin bertentangan dengan nilai-nilai kebangsaan atau nilai gerejawi.

“Gereja Katolik itu harus netral secara politik praktis, tetapi tidak pernah netral berkaitan dalam moral,” tegas nya

Oleh karena itu, dalam sidang ini mereka membahas beberapa isu lain seperti sosial, politik, kemiskinan, kesehatan, orang muda, lanjut usia, perempuan, imigran, dan lingkungan hidup. Gereja Katolik diminta untuk terlibat bersama masyarakat menghadapi sejumlah permasalahan tersebut.

Salah satu masalah yang masih menjadi sorotan gereja adalah intoleransi, salah satunya kasus terbaru saat sekelompok mahasiswa yang berdoa bersama dibubarkan di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

Masalah lain adalah tindakan kekerasan di Papua yang tak kunjung usai serta masalah kemiskinan yang semakin meluas. Masalah lain adalah tindakan kekerasan di Papua yang tak kunjung usai serta masalah kemiskinan yang semakin meluas.

“”Gereja yang mengimani Yesus Kristus itu harus membumi di Indonesia. Sepak terjang dan karya-karya pastoral gereja yang diinspirasikan oleh Injil itu menjawab masalah-masalah tersebut, selain itu sidang 100 Tahun KWI Semakin  Meneguhkan Semangat 100% Katolik 100% Indonesia,”tandas Mgr Antonius

 

Loading

Berita Terkait

Penanganan Korban Perdagangan Orang Diperkuat Kementerian PPPA
BEI-Nasdaq Kerja Sama Perkuat Teknologi Pasar Modal
Kepada Ratusan Warga, Peradi Bagikan Daging Kurban
Masjid Al-Azhar Jakarta beri tips berkurban untuk Gen Z dan Milenial
Kapolda: Pelaksanaan shalat Idul Adha di Tanah Papua berlangsung aman
Satgas: Sudah Libatkan POM TNI dan Propam Polri
KemenKopUKM Tingkatkan Layanan Pendampingan Hukum Bagi Pelaku UMK
Dikuti lebih 200 Peserta, Indonesia Gymnaestrada Pertama Sukses Di gelar

Berita Terkait

Senin, 17 Juni 2024 - 21:03 WIB

Penanganan Korban Perdagangan Orang Diperkuat Kementerian PPPA

Senin, 17 Juni 2024 - 20:56 WIB

BEI-Nasdaq Kerja Sama Perkuat Teknologi Pasar Modal

Senin, 17 Juni 2024 - 20:46 WIB

Kepada Ratusan Warga, Peradi Bagikan Daging Kurban

Senin, 17 Juni 2024 - 20:24 WIB

Masjid Al-Azhar Jakarta beri tips berkurban untuk Gen Z dan Milenial

Senin, 17 Juni 2024 - 20:16 WIB

Kapolda: Pelaksanaan shalat Idul Adha di Tanah Papua berlangsung aman

Sabtu, 15 Juni 2024 - 20:41 WIB

KemenKopUKM Tingkatkan Layanan Pendampingan Hukum Bagi Pelaku UMK

Sabtu, 15 Juni 2024 - 20:17 WIB

Dikuti lebih 200 Peserta, Indonesia Gymnaestrada Pertama Sukses Di gelar

Sabtu, 15 Juni 2024 - 20:04 WIB

Rp 5 triliun Hasil Judi “online” Dilarikan ke Thailand-Kamboja Ungkap PPATK

Berita Terbaru

Ekonomi

BEI-Nasdaq Kerja Sama Perkuat Teknologi Pasar Modal

Senin, 17 Jun 2024 - 20:56 WIB

Headline

Kepada Ratusan Warga, Peradi Bagikan Daging Kurban

Senin, 17 Jun 2024 - 20:46 WIB