Home / Headline / Megapolitan / Pemerintahan / Peristiwa

Senin, 19 September 2022 - 21:16 WIB

Upacara Peringatan Rapat Raksasa Ikada ke-77, Di Gelar Pemprov DKI Jakarta

NasionalPos.com, Jakarta- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar upacara peringatan Hari Rapat Raksasa IKADA ke-77 Tahun 2022, di Lapangan Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, Senin 19/9/2022.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan. Upacara digelar untuk memperingati peristiwa Rapat Raksasa di Lapangan Ikada (Ikatan Atletik Djakarta, sekarang Lapangan Monas) yang dilaksanakan 19 September 1945.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, rapat raksasa di lapangan IKADA adalah peristiwa penting dalam perjalanan sejarah Republik Indonesia yang berusia sebulan dengan situasi ketidakpastian serta dunia meragukan, apakah ini  adalah kemerdekaan kemauan rakyat atau elit.

“Jumlah mahasiswa saat itu masih puluhan dan orang melek huruf masih lima persen. Serta ada pandangan rakyat tidak menginginkan kemerdekaan,” ujar Anies Baswedan.

Baca Juga  Bakal Naik 9,68% Pagu Indikatif Kemendikbud-Ristek 2023 Di Sorot DPR RI

Ia mengungkapkan, warga Jakarta bergerak dan berkumpul di Lapangan IKADA untuk mengirimkan pesan ke seluruh dunia. Peristiwa ini menandai babak baru dari perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang tidak sekadar kemauan kaum terdidik atau intelektual yang saat itu berjuang melalui tulisan, pidato dan kepartaian, tapi seluruh rakyat Indonesia.

“Jadi, peristiwa ini tidak bisa dianggap kecil,” tukasnya

Anies juga menuturkan, sekitar 200 hingga 250 ribu warga menghadiri rapat raksasa yang digelar di Lapangan IKADA pada 19 September 1945. Angka yang fantastis karena jumlah penduduk Jakarta saat itu sekitar 300 ribu jiwa.

“Bila ada perkumpulan sebanyak itu, maka menandakan pergerakan rakyat yang luar biasa. Dikumpulkan, sebelum ada WhatsApp grup, televisi atau gadget seperti sekarang ini, tapi bisa berkumpul 200 hingga 250 ribu orang. Itu sesuatu yang luar biasa,” tuturnya.

Baca Juga  Antisipasi Tahun Kegelapan 2023 Solusinya Terapkan GCA

Untuk itu, Anies berpesan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk tidak menanggap peringatan Hari Rapat Raksasa IKADA sebagai ritual tahunan yang dikerjakan, tapi anggap itu sebagai peringatan atas peristiwa rapat raksasa di lapangan IKADA.

“Dan ingat bahwa kita semua adalah orang-orang yang merasakan manfaat kemerdekaan. Ini pesan penting, semoga hari IKADA ini akan lebih banyak diingat di Indonesia, karena ini menandakan perjuangan rakyat yang sesungguhnya,” pungkas Anies Baswedan (*dit)

 

Share :

Baca Juga

jenazah corona

Headline

Update Data Corona (6/8/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 118.753 Orang dan Meninggal 5.521 Orang
CORONA

Headline

Update Data Corona (14/9/2021) Jumlah Pasien Positif 4.174.216 Orang dan Meninggal 139.415 Orang
Edhy Prabowo

Headline

Mantan Menteri KKP Edhy Prabowo Dituntut Penjara 5 Tahun dan Denda Rp400 Juta
Jokowi kartu 2

Headline

Warga Jabodetabek Segera Dapat Paket Sembako
ITL Trisakti

Megapolitan

ITL TRISAKTI Siap Membangun SDM Berkompeten Dalam Penyelenggaraan Kegiatan Transportasi dan Logistik Untuk Mendukung Kepentingan Berbagai Sektor Pembangunan Nasional
Perdana Menteri Australia Scott Morrison

Headline

PM Australia Ragukan Indonesia Bebas Virus Corona
Jokowi 3

Headline

Presiden Tegaskan Belum Longgarkan PSBB di Sejumlah Daerah
Jusuf Kalla

Ekonomi

JK Bilang Dari 10 Orang Kaya di Indonesia Hanya Ada Satu Beragama Islam