Home / Headline / Internasional / Politik

Sabtu, 23 Juli 2022 - 18:41 WIB

Droupadi Murmu Presiden India Terpilih Wanita Pertama dari Komunitas Suku India

NasionalPos.com, Newdelhi– Calon Presiden dari partai berkuasa India, National Democratic Alliance (NDA), Droupadi Murmu, memenangi Pemilihan Presiden di India setelah meraih lebih dari 50% suara dari total suara dalam penghitungan putaran ketiga.

Murmu, 64 tahun, akan menjadi presiden perempuan kedua dan orang pertama dari komunitas suku India yang menduduki jabatan konstitusional tertinggi setelah mengambil sumpah jabatan pada 25 Juli 2022, seperti dikutip Xinhua, Jumat (22/7) kemaren

Dalam pemilihan yang dilaksanakan pada 18 Juli, Murmu mengalahkan pesaingnya, Yashwant Sinha, yang diajukan sebagai calon bersama dari sejumlah partai oposisi. Presiden India dipilih secara tidak langsung dengan melakukan pemungutan suara melalui lembaga pemilihan yang terdiri atas anggota parlemen terpilih dan majelis legislatif dari semua negara bagian dan wilayah persatuan.

Baca Juga  YLBHI Sebut Pernyataan Mahfud Tak Sesuai Fakta Terkait Kisruh di Desa Wadas

Sementara itu, menurut pejabat senior Parlemen di lokasi penghitungan suara berlangsung, dari total 3.219 suara yang sah, Murmu mendapat 2.161 suara, sedangkan Sinha mendapat 1.058 suara. Ucapan selamat diterima oleh Murmu ketika dia melewati batas 50%. Pesaingnya Sinha menerima kekalahan dan memberi selamat untuk kemenangan Murmu. Perdana Menteri Narendra Modi juga menyampaikan selamat kepada Murmu.

“India tengah menulis sejarah. Pada saat 1,3 milyar penduduk India memperingati festival kemerdekaan, seorang perempuan India dari komunitas suku yang lahir di daerah terpencil di timur India telah terpilih sebagai presiden kita! Selamat untuk Droupadi Murmu Ji untuk kemenangannya,” tulis PM Modi di cuitan akun media sosialnya.

Baca Juga  Ada Alat Berat di Pulau Komodo, Pemerintah Bantah proyek ‘Jurassic Park’

Sedangkan dalam catatan karir politiknya, Murmu berasal dari timur negara bagian Odisha India dan memulai karier sebagai guru sekolah. Dia mengawali karier politiknya bersama partai Bharatiya Janata (BJP) pada 1997. Murmu pun menjadi gubernur perempuan pertama untuk negara bagian Jharkhand sejak 2015 hingga 2021.

Share :

Baca Juga

UJI COBA 1 1

Headline

Uji Coba Highway Sky Patrol Dimulai, Jasa Marga dan IFC Pantau Jalan Tol Trans Jawa Dengan Pesawat Cessna
Sriwijaya Air

Headline

Pemerintah Stop Operasi Pencarian Korban Jatuhnya Pesawat Sriwijaya
AS shutdown

Internasional

Kongres AS Akhirnya Akhiri Shutdown
Jiwasraya2

Headline

Hakim PT DKI Kurangi Vonis Mantan Dirkeu Jiwasraya Menjadi 20 Tahun Penjara
Rano Karno dan Megawati

Headline

Rano Karno Kembali Disebut Terima Rp700 Juta Terkait Korupsi Alkes Banten
Jamal Khasoggi

Headline

Para Pembunuh Khashoggi Dilatih Paramiliter di AS
Moeldoko

Headline

ICW Siapkan Pengacara Setelah Dilaporkan Moeldoko ke Bareskrim
slamet abadi

Nasional

Slamet Abadi Calon DPD RI : “Insiden Brutal di Christchurch Selandia Baru, Teror Provokatif Pemecah Belah Umat Beragama”