Home / Hukum

Selasa, 11 Januari 2022 - 18:34 WIB

Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Divonis 1 Tahun Penjara

Nia dan Ardi Bakrie

Nia dan Ardi Bakrie

 

NasionalPos.com, Jakarta – Ramadhania Ardiansyah Bakrie alias Nia Ramadhani dan suaminya Anindra Ardiansyah Bakrie alias Ardi Bakrie serta sopirnya Zen Vivanto divonis penjara selama satu tahun oleh Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Majelis hakim menilai ketiga terdakwa bukan merupakan pencandu dan korban penyalahgunaan narkotika. Karena itu, pidana penjara merupakan hukuman yang patut.

“Bahwa oleh karena para terdakwa terbukti telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri yang dilakukan secara bersama-sama, maka menurut majelis hakim, pidana yang patut dijatuhkan kepada para terdakwa adalah pidana penjara,” ujar hakim anggota, Bintang AL, di PN Jakarta Pusat, Selasa (11/1/2022).

Dalam sidang, Nia terungkap mengenal narkotika dari teman-temannya. Namun, ia baru mulai mengonsumsi sabu pada kurun waktu April hingga Juli 2021 sebanyak 3-4 kali. Nia mengonsumsi sabu untuk menghilangkan perasaan sedih atas meninggalnya sang ayah pada 2014 lalu.

Baca Juga  Danpuslatmar Kodiklat TNI AL Pimpin Sertijab Tiga Dansatlat

Sedangkan selama kurun waktu 2014-2021 tersebut, hakim menyebut Nia selalu menyembunyikan perasaan sedihnya tanpa bercerita kepada siapapun.

“Menimbang bahwa dari fakta tersebut di atas majelis menilai para terdakwa belumlah dapat dikualifikasi sebagai pencandu karena tidak dapat menunjukkan fakta bahwa para terdakwa menggunakan narkotika dalam keadaan ketergantungan pada narkotika, baik secara fisik maupun secara psikis, yang harus dilakukan secara terus-menerus dalam waktu yang cukup lama,” kata hakim.

“Para terdakwa juga tidak dapat dikualifikasi sebagai korban penyalahgunaan narkotika karena para terdakwa menggunakan narkotika dengan maksud dan tujuan sebagaimana tersebut di atas, bukan karena menggunakannya secara tidak sengaja atau karena dibujuk, diperdaya, ditipu, dipaksa, atau diancam untuk menggunakan narkotika, melainkan para terdakwa dengan sengaja dan sadar ketika menggunakan narkotika tersebut,” lanjut hakim.

Baca Juga  Sengkarut Praktik Mafia Hukum & Pemberantasan Korupsi Di Ungkap Denny Indrayana

Rehabilitasi medis dan sosial diatur dalam Pasal 54 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Namun, hal tersebut hanya diwajibkan bagi pencandu dan korban penyalahgunaan narkotika.

Adapun Nia, Ardi, dan Zen Vivanto dijatuhi hukuman pidana satu tahun penjara. Hakim menilai para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri sebagaimana diatur Pasal 127 ayat (1) huruf a UU Narkotika.

Vonis tersebut lebih berat daripada tuntutan jaksa penuntut umum yang ingin menghukum Nia dkk dengan rehabilitasi selama 12 bulan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur. Nia dkk lantas mengajukan upaya hukum banding sesaat setelah mendengar vonis tersebut. (*)

 

 

Share :

Baca Juga

BPN

Headline

Sofyan Djalil Mengaku Ada Pegawai BPN Yang Jadi Mafia Tanah
jaksa agung

Headline

Jaksa Agung Perintahkan Anak Buah Pidankan Para Penimbun Masker dan Sembako
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar

Headline

Ajudan Lili Pintauli Akan Diperiksa KPK Terkait Suap Jabatan di Pemkot Tanjungbalai
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa

Headline

Pasca Perusakan Mapolsek Ciracas, 12 Prajurit TNI AD Ditahan di Pomdam Jaya Guntur
bantuan Akidi Tio

Headline

Polisi Jadikan Anak Akidi Tio Tersangka Kasus Uang Bantuan Rp2 Triliun Untuk Covid-19
kpk1

Headline

KPK Digugat Mantan Bupati Lampung Utara
kpk1

Headline

UU KPK Resmi Berlaku, Nyatanya KPK Belum Paham Isinya
Rijal Kobar didampingi pengacara TAKTIS laporkan Hasto dan Rieke ke Polda Metro Jaya terkait RUU HIP

Headline

Rijal KOBAR Polisikan Hasto dan Rieke Terkait RUU HIP